digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Studi tentang dampak masa jabatan CEO terhadap kinerja perusahaan domestik telah banyak ditulis dalam literatur manajerial, namun, wawasan tentang bagaimana masa jabatan secara khusus memengaruhi kinerja perusahaan secara internasional belum dieksplorasi. Makalah ini menyajikan hasil studi empiris yang dilakukan untuk mengamati dampak masa jabatan CEO terhadap kinerja perusahaan di pasar internasional dengan mengamati penjualan internasional perusahaan. Selain itu, kami memperluas dimensi internasional lebih jauh dengan memeriksa apakah seorang CEO dengan asal yang berbeda dengan perusahaan (keasingan CEO) memoderasi hubungan ini. Dengan menggunakan kumpulan data panel yang terdiri dari 97 perusahaan global dan serangkaian masa jabatan CEO yang beragam, kami mengungkapkan bahwa: (1) masa jabatan CEO memiliki hubungan berbentuk U terbalik dengan kinerja penjualan internasional, yang mencapai puncaknya pada tahun ke-10 masa jabatan; dan (2) keasingan CEO tidak memoderasi hubungan ini dan tidak memiliki dampak yang signifikan. Temuan kami menegaskan pentingnya literatur tentang masa jabatan CEO dengan memperkenalkan wawasan baru untuk dinamika global kepemimpinan dan kinerja perusahaan.