2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-COVER.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-BAB 1.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-BAB 2.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-BAB 3.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-BAB 4.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-BAB 5.pdf
2007 TS PP NANIN TRIANAWATI SUGITO 1-PUSTAKA.pdf
Abstrak:
Keselamatan penerbangan sangat terkait dengan faktor prasarana moda transportasi udara yaitu bandara: Salah satu tindakan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan pesawat terbang dan kemungkinan untuk jatuh di daerah permukiman karena letak bandara serta lintasan terbang pesawat relatif terhadap perkotaan adalah adanya suatu peraturan yang disebut Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).
Fungsi dart KKOP adalah mengatur ketinggian bangunan atau benda tumbuh balk yang tetap (fixed) maupun yang dapat berpindah (mobile) untuk tidak lebih tinggi dari batas ketinggian yang diperkenankan. KKOP merupakan suatu permukaan maya (imaginary surface) dengan ketentuan ketinggian, panjang (jarak) atau radius, dan sudut kemiringan atau pelebaran yang berbeda beda untuk setiap kawasan permukaan.
Pembentukan objek KKOP secara 3 dimensi sangatlah tepat untuk menghasilkan informasi mutakhir mengenai daftar objek yang menjadi halangan (obstacle). Informasi ini menyangkut ketinggian obstacle yang melebihi ketentuan di setiap wilayah KKOP untuk kepentingan keselamatan penerbangan.