digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Shiseido mengalami penurunan pangsa pasar dalam beberapa tahun terakhir meskipun industri kecantikan global telah berkembang pesat. Semakin banyak perusahaan bermunculan, dan Shiseido tampaknya mengalami kesulitan untuk mengikutinya. Penelitian ini akan mengeksplorasi potensi masalah yang mungkin dihadapi Shiseido. Berfokus pada citra merek, inovasi produk, strategi pemasaran, dan penjualan mereka melalui platform online. Penelitian ini akan melakukan analisis keuangan sederhana untuk melihat kesehatan keuangan Shiseido secara keseluruhan dan menganalisis strategi mereka saat ini berdasarkan informasi yang terdapat pada laporan tahunan mereka. Didirikan lebih dari 150 tahun yang lalu, Shiseido kini menjadi salah satu perusahaan kecantikan terkemuka di Jepang. Mereka juga memiliki banyak produk dan merek dalam portofolionya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mereka dipilih menjadi subjek penelitian ini. Mereka berpotensi menjadi perusahaan kecantikan terkemuka di dunia dengan strategi yang tepat. Dan karena Shiseido adalah perusahaan publik, informasi keuangan mereka mudah ditemukan secara online melalui situs web perusahaan mereka. Ini akan membantu melakukan analisis keuangan yang lebih akurat. Penelitian ini akan memberikan wawasan berharga bagi para pemangku kepentingan, membantu mereka mengevaluasi pertumbuhan Shiseido dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan.