Bab 1 Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab 2 Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab 3 Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab 4 Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab 5 Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Cover Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Daftar Pustaka Muhammad Zavier Gannet T
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Perkembangan pesawat amfibi di Indonesia memiliki potensi yang cukup
besar, mengingat semakin banyaknya daerah terpencil yang belum memiliki moda
transportasi udara, ditambah dengan kondisi geografis Indonesia yang
berkepulauan. Hal ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk bisa
mengembangkan pesawat amfibi sendiri guna memenuhi kebutuhan penerbangan
di daerah kepulauan.
Adanya peningkatan berat struktur landing gear yang berbentuk seperti
lambung kapal atau float dapat menyebabkan meningkatnya biaya yang dibutuhkan
untuk memproduksi pesawat tersebut. Studi pengurangan berat pada struktur
komponen harus dilakukan pada keseluruhan struktur pesawat amfibi untuk
mengompensasi peningkatan berat landing gear yang berbentuk seperti float.
Namun, pada penelitian ini, penulis hanya akan melakukan studi pengurangan berat
terhadap struktur Vertical Tail Plane (VTP) dari pesawat amfibi.
Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan studi pengurangan berat
struktur pesawat adalah dengan menggunakan metode elemen hingga dan
memanfaatkan software Abaqus CAE. Kemudian akan dilakukan studi
pengurangan berat menggunakan metode Design for Six Sigma yang meliputi
Taguchi dan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil dari penelitian ini berhasil
mengurangi berat dari struktur VTP dari 45.26 kg menjadi 35.5 kg dengan cara
mengurangi ketebalan dari beberapa komponen pada struktur VTP.