digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Linquinn Aiko
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kereta Cepat Merah Putih (KCMP) adalah komponen penting dalam rencana Indonesia untuk membangun jaringan kereta nasional. Salah satu aspek paling penting dalam perancangan KCMP adalah kelaik – tabrakan dari struktur kereta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model numerik sederhana dari KCMP yang mencakup pegas dan peredam non – linear pada coupler, bogie, dan anti – climber. Penelitian diawali dengan pengembangan model satu gerbong, yang kemudian diintegrasikan untuk membentuk rangkaian kereta yang utuh. Kemudian, model rangkaian KCMP ini akan dikembangkan lebih lanjut dengan memasukkan karakteristik pegas dan peredam non – linear untuk mendapat model yang realistis. Studi parametrik juga dilakukan dengan menyimulasikan tabrakan antara dua carbody identik untuk mengevaluasi efek kekakuan suspensi bogie, coupler, dan anti-climber terhadap performa kelaik – tabrakan kereta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa energi impak menurun secara progresif sepanjang rangkaian kereta, seiring menjauhnya dari titik tumbukan. Kemudian ditemukan juga bahwa meskipun kekakuan suspensi bogie memengaruhi pergerakan vertikal roda dan gerbong tanpa memengaruhi perlambatan dan gaya kontak, kekakuan coupler dan anti-climber memiliki pengaruh signifikan pada gaya kontak, pergerakan vertikal roda, dan perlambatan yang dialami kereta.