Abstrak - Iqbal Baihaki
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Kecelakaan tabrakan kapal merupakan kecelakaan yang memiliki dampak cukup serius dari segi keselamatan, keamanan, dan ekonomi sehingga perlu dikaji lebih lanjut untuk meminimalisir dampak yang dapat terjadi. Penggunaan material baja dengan mutu yang tinggi cukup jarang digunakan dalam konstruksi kapal dikarenakan harganya yang mahal serta pengaruh penggunaannya yang relatif minim dalam keilmuan. Analisis mengenai penggunaan mutu material baja pada pelat berpengaku seperti kapal sudah banyak dilakukan dengan berbagai metode seperti metode eksperimen dan metode numerik. Namun, analisis dengan variasi mutu material baja terhadap fenomena tabrakan kapal masih jarang dilakukan karena pelaksanaan dengan metode eksperimen sangatlah mahal. Pada Tugas Akhir ini, dilakukan analisis tabrakan kapal dengan menggunakan metode elemen hingga yang lebih murah untuk meneliti pengaruh variasi mutu material baja dan sudut tabrakan kapal terhadap nilai ultimate strength, respons struktur berupa deformasi, kurva energi regangan struktur, dan gerak kapal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mutu material baja dan sudut tabrakan secara signifikan mempengaruhi respons struktur kapal. Ultimate strength dari kurva tegangan dan regangan menunjukkan perbedaan yang mencolok dari berbagai mutu material baja. Selain itu, deformasi struktur, kurva energi regangan, dan gerak kapal selama tabrakan juga mengalami perubahan yang signifikan berdasarkan variasi mutu material baja. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan desain kapal dari segi struktural untuk memberikan pertimbangan dalam penggunaan mutu material baja tertentu agar dapat mengurangi dampak kecelakan tabrakan kapal.