digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Dhiyaa Al Dien Faathira
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Perkembangan kendaraan listrik di Indonesia saat ini sedang meningkat. National Center for Sustainable Transportation Technology (NCSTT) ITB ikut serta dalam mendukung kendaraan listrik di Indonesia berupa pengembangan bus listrik. Bus listrik ini dibuat melalui proses konversi, yaitu mengubah kendaraan mesin pembakaran internal (ICE) menjadi kendaraan listrik (EV). Pengembangan bus listrik ini telah mencapai tahap purwarupa konversi pertama dan terdapat modifikasi tata letak komponen elektrik untuk desain berikutnya karena lokasi center of gravity (CoG) yang belum sama dengan sebelum konversi. Akibatnya, terdapat perubahan bracket komponen elektrik terhadap platform bus sehingga perlu dianalisis karakteristik dari bracket terbaru dengan mempertimbangkan beban statik dan frekuensi pribadinya. Akibat adanya modifikasi tata letak pada platform, kondisi kabel yang terhubung antar komponen elektrik menjadi tidak sesuai. Oleh karena itu, proses merute dan pendataan kembali kabel diperlukan dengan mengikuti desain platform terbaru setelah modifikasi. Tugas sarjana ini dimulai dengan mempelajari desain platform terbaru dan pendataan kabel serta bracket. Untuk bracket, desain bracket terbaru kemudian dilakukan simulasi untuk analisis statik terhadap beban komponen elektrik dan analisis modal yang mempertimbangkan frekuensi kecepatan putar electric motor. Hasil dari simulasi statik menunjukkan bahwa bracket tidak mengalami deformasi plastis karena lebih rendah dari batas yield strength dan terdapat beberapa bracket yang belum memenuhi minimum SF untuk kendaraan. Hasil dari simulasi modal yaitu terdapat beberapa bracket yang mengalami resonansi akibat dari nilai frekuensi pribadinya berada dalam rentang frekuensi kecepatan putar electric motor. Dalam hal kabel, kemudian dibuat desain rute kabel dan dihasilkan data kebutuhan kabel yang sesuai untuk kebutuhan platform terbaru.