Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pengaruh penggunaan teknologi informasi mendorong beberapa organisasi untuk
meningkatkan kualitas layanan TI. Salah satu kerangka kerja yang menawarkan
praktik manajemen layanan TI terbaik adalah ITIL. Kinerja sebuah layanan TI harus
dipastikan berjalan sesuai dengan target dan tujuan, sehingga dibutuhkan sebuah
proses pengelolaan manajemen TI dari kerangka kerja ITIL yang diacu, yaitu proses
manajemen kapasitas dan kinerja. Proses manajemen kapasitas dan kinerja akan
memastikan bahwa kapasitas dalam suatu layanan TI tersedia dengan cukup,
sehingga kinerja dari layanan TI bekerja sesuai dengan tingkat yang diharapkan dan
mencapai tujuan. Direktorat Teknologi Informasi (DTI) ITB adalah salah satu unit
pengelola layanan dan infrastruktur TI di dalam Institut Teknologi Bandung.
Pengelolaan layanan TI yang dilakukan DTI ITB sudah seharusnya diatur dengan
dokumen prosedur manajemen terkait. DTI ITB telah menerapkan manajemen
kapasitas dan kinerja TI. Namun, proses manajemen kapasitas dan kinerja saat ini
belum sesuai dengan praktik manajemen yang ada pada ITIL. Oleh karena itu,
penelitian tugas akhir ini bertujuan membuat usulan rancangan manajemen kapasitas
dan kinerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan DTI ITB menggunakan
kerangka kerja ITIL. Rancangan usulan manajemen kapasitas dan kinerja yang
dihasilkan adalah dokumen Standard Operating Procedure (SOP), Capacity Plan,
dan Key Performance Indicator. Selain itu, dilakukan penilaian kriteria kapabilitas
untuk manajemen kapasitas dan kinerja saat ini dan manajemen kapasitas dan kinerja
to-be. Rancangan usulan manajemen kapasitas dan kinerja telah dievaluasi dan
dinilai melalui pemaparan yang dilakukan dengan pemangku kepentingan DTI ITB
dan mendapatkan penilaian 4,6 dari skala 5.