digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan beberapa brake heatsink di unit component services PT XYZ yang mengalami oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi parameter pengoperasian pesawat yang dapat memicu kondisi yang menimbulkan terjadinya oksidasi, mengevaluasi rata-rata umur brake heatsink yang oksidasi dan tidak oksidasi, serta mengevaluasi pengaruh parameter pada FDR yang berhubungan dengan perlambatan kecepatan pesawat saat pendaratan terhadap oksidasi rem pesawat.. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik untuk mengevaluasi umur dan parameter pengoperasian pesawat dan oksidasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Flight Data Recorder (FDR) dan laporan inspeksi rem pesawat oleh PT XYZ. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam rata-rata umur brake heatsink antara pesawat yang mengalami oksidasi dan yang tidak. Hasil evaluasi parameter yang mempengaruhi perlambatan pesawat yang terekam pada FDR dengan menggunakan data yang tersedia dan tingkat signifikansi 5% tidak ditemukan pengaruh pengaturan flap, thrust reverse, autobrake, dan speed brake terhadap oksidasi. Pada tingkat signifikansi yang sama juga tidak ditemukan perbedaan durasi rata-rata penggunaan ground spoiler, durasi rata-rata aktif thrust reverse, dan perbedaan rata-rata berat pesawat saat landing pada pesawat yang oksidasi dan tidak oksidasi.