Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan beberapa brake heatsink di unit component
services PT XYZ yang mengalami oksidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
parameter pengoperasian pesawat yang dapat memicu kondisi yang menimbulkan terjadinya
oksidasi, mengevaluasi rata-rata umur brake heatsink yang oksidasi dan tidak oksidasi, serta
mengevaluasi pengaruh parameter pada FDR yang berhubungan dengan perlambatan
kecepatan pesawat saat pendaratan terhadap oksidasi rem pesawat.. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis statistik untuk mengevaluasi umur dan parameter pengoperasian
pesawat dan oksidasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Flight Data
Recorder (FDR) dan laporan inspeksi rem pesawat oleh PT XYZ. Berdasarkan data yang
diperoleh, hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam rata-rata
umur brake heatsink antara pesawat yang mengalami oksidasi dan yang tidak. Hasil evaluasi
parameter yang mempengaruhi perlambatan pesawat yang terekam pada FDR dengan
menggunakan data yang tersedia dan tingkat signifikansi 5% tidak ditemukan pengaruh
pengaturan flap, thrust reverse, autobrake, dan speed brake terhadap oksidasi. Pada tingkat
signifikansi yang sama juga tidak ditemukan perbedaan durasi rata-rata penggunaan ground
spoiler, durasi rata-rata aktif thrust reverse, dan perbedaan rata-rata berat pesawat saat
landing pada pesawat yang oksidasi dan tidak oksidasi.