digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Nizam Machdy Purbowiseso
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Sebuah kapal light tanker bernama MT Ratu Rengganis memerlukan analisis atas klaim kecepatan kapal yang sudah dipasarkan. Analisis prestasi kapal dilakukan dengan menggunakan metode prediksi daya oleh Holtrop dan Mennen serta ITTC 1978 yang mencakup prediksi tahanan kapal, prediksi prestasi propeler, analisis parameter interaksi lambung-propeler, dan juga prediksi daya kapal; prediksi daya dilakukan dengan menganut service margin ringan (0%), sedang (15%), dan berat (25%), hasil dari metode prediksi dibandingkan juga dengan hasil sea-trial kapal dalam kondisi lightship sebagai validasi; analisis prestasi kapal juga dilaksanakan untuk mengidentifikasi potensi aspek kapal yang dapat dioptimasi; perancangan bulbous bow alternatif juga dilakukan menggunakan metode yang disusun oleh Kracht. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kapal dalam kondisi laden dan ballast diprediksi dapat memenuhi kecepatan yang sudah diklaim, yaitu 10, 11, dan 12 knot untuk masing-masing service margin berat, sedang, dan ringan; teridentifikasi potensi optimasi kapal dalam aspek pemilihan propeler yang hanya mencapai !!"# = 55.1%; telah terancang juga bulbous bow alternatif untuk MT Ratu Rengganis yang memiliki '$% = 4.58 +, -& = 4.048 +, /& = 2.264 +, 2&" = 10.158 +', 2&( = 10.808 +', 3$% = 27.898 +), dan ?& = 1.744 + , dengan catatan bahwa efek bulbous bow untuk mengurangi tahanan dan daya kapal perlu diinvestigasi lebih lanjut lagi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan atau referensi untuk penelitian dan pengembangan selanjutnya seputar topik perancangan kapal, perancangan sistem propulsi, maupun perancangan bulbous bow pada kapal.