Penelitian ini akan melakukan eksplorasi terkait strategi-strategi yang
diperlukan untuk menghadapi 5 tahun kedepan dari sebuah perusahaan kontraktor yang
ada di Indonesia, bernama PT. Islands Cipta Kreasi. PT. Islands Cipta Kreasi
merupakan bisnis keluarga yang telah berjalan selama 20 tahun. Penelitian dilakukan
agar perusahaan dapat menyiapkan strategi untuk bertahun-tahun selanjutnya dan
memiliki keberlanjutan yang terus menerus. Berdasarkan kondisi bisnis kontraktor di
Indonesia pun, industri ini merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan
yang cukup stabil dan terus menerus mengalami perkembangan dimana bisnis
kontraktor merupakan bisnis yang banyak diinginkan dan proyek dari konstruksi juga
semakin bertambah banyak. Bukan hanya dengan jumlah tetapi dengan perkembangan
zaman dimana terdapat bisnis kontraktor yang bergerak melalui media digital.
Pengumpulan data akan terbagi menjadi 2, yaitu primer dan sekunder. Data primer
didapatkan dari wawancara yang telah dilakukan pada pemegang kepentingan yang
terdapat pada PT. Islands Cipta Kreasi. Data primer akan dituangkan dalam
pembentukan SWOT dan juga scenario planning. Data sekunder akan menggunakan
data-data yang didapatkan dari jurnal ilmiah maupun buku yang berhubungan dengan
penelitian yang dilakukan. Data-data sekunder akan dituangkan dalam analisa yang
dilakukan, yaitu PESTEL dan Porter’s 5 Forces. Hasil penelitian menggunakan
scenario planning yang didukung dengan analisa SWOT, PESTEL, dan Porter’s 5
Forces, menghasilkan matrix 2x2 dari driving forces yang memiliki nilai impact dan
uncertainty tertinggi. Kedua driving forces tersebut yang merupakan level of
competition dan project tender menghasilkan 4 skenario yang akan digunakan untuk
menentukan beberapa tahun selanjutnya, yaitu skenario perfect combo, painful win,
unpleasant sight, dan always the choice. Hasil 4 skenario ini menghasilkan strategi
khusus yang digunakan untuk masing-masing skenario dan juga strategi yang dapat
digunakan untuk menghadapi seluruh skenario seperti memperoleh lebih banyak
pelanggan loyal, diversifikasi portofolio, meningkatkan efektivitas dan efisiensi
operasional, dan manajemen untuk retensi karyawan.