digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Paulus Nicholas Gunawan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Penelitian ini akan melakukan eksplorasi terkait strategi-strategi yang diperlukan untuk menghadapi 5 tahun kedepan dari sebuah perusahaan kontraktor yang ada di Indonesia, bernama PT. Islands Cipta Kreasi. PT. Islands Cipta Kreasi merupakan bisnis keluarga yang telah berjalan selama 20 tahun. Penelitian dilakukan agar perusahaan dapat menyiapkan strategi untuk bertahun-tahun selanjutnya dan memiliki keberlanjutan yang terus menerus. Berdasarkan kondisi bisnis kontraktor di Indonesia pun, industri ini merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan yang cukup stabil dan terus menerus mengalami perkembangan dimana bisnis kontraktor merupakan bisnis yang banyak diinginkan dan proyek dari konstruksi juga semakin bertambah banyak. Bukan hanya dengan jumlah tetapi dengan perkembangan zaman dimana terdapat bisnis kontraktor yang bergerak melalui media digital. Pengumpulan data akan terbagi menjadi 2, yaitu primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara yang telah dilakukan pada pemegang kepentingan yang terdapat pada PT. Islands Cipta Kreasi. Data primer akan dituangkan dalam pembentukan SWOT dan juga scenario planning. Data sekunder akan menggunakan data-data yang didapatkan dari jurnal ilmiah maupun buku yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Data-data sekunder akan dituangkan dalam analisa yang dilakukan, yaitu PESTEL dan Porter’s 5 Forces. Hasil penelitian menggunakan scenario planning yang didukung dengan analisa SWOT, PESTEL, dan Porter’s 5 Forces, menghasilkan matrix 2x2 dari driving forces yang memiliki nilai impact dan uncertainty tertinggi. Kedua driving forces tersebut yang merupakan level of competition dan project tender menghasilkan 4 skenario yang akan digunakan untuk menentukan beberapa tahun selanjutnya, yaitu skenario perfect combo, painful win, unpleasant sight, dan always the choice. Hasil 4 skenario ini menghasilkan strategi khusus yang digunakan untuk masing-masing skenario dan juga strategi yang dapat digunakan untuk menghadapi seluruh skenario seperti memperoleh lebih banyak pelanggan loyal, diversifikasi portofolio, meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional, dan manajemen untuk retensi karyawan.