digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2024 SK PP Final Project_Frederika Amelia Trahutama_19221016
Terbatas Jufrizal Effendi, S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
» ITB

Pertumbuhan industri pakaian jadi di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan tren fashion yang semakin beragam. Berdasarkan penelitian terbaru, terbukti masyarakat Indonesia cenderung memilih gaya pakaian yang simpel dibandingkan gaya lainnya dan kenyamanan juga terbukti menjadi hal terpenting yang mereka cari dalam berbusana. Sehubungan dengan tren tersebut, semakin banyak perusahaan fashion yang berlomba-lomba menyikapi tren kesederhanaan dan kenyamanan tersebut. Oleh karena itu, Comvee merasa perlu untuk mengungguli pasar kompetitif dengan mencoba memahami preferensi pelanggan dan terlibat dalam tren kebutuhan pakaian yang simpel dan nyaman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi pelanggan Comvee, memahami bagaimana Manajemen Hubungan Pelanggan Comvee akan berkorelasi dengan Preferensi Pelanggannya, dan meningkatkan pemahaman tentang rekomendasi bagi Comvee untuk mengembangkan strategi Manajemen Hubungan Pelanggan yang sejalan dengan Preferensi Pelanggan. Dalam penelitian ini terdapat tiga dimensi yang terlibat dalam Preferensi Pelanggan, yaitu Persepsi Produk, Persepsi Harga, dan Persepsi Promosi. Sedangkan dalam Customer Relationship Management juga terdapat tiga dimensi yaitu Customers' Attraction, The Value Delivered to Customer, dan Customer Engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan datanya dilakukan melalui survei online berupa kuesioner yang disebar kepada 115 responden yang mengikuti media sosial Comvee seperti Instagram dan TikTok. Untuk menganalisis hubungan antar variabel digunakan Analisis Deskriptif, Analisis Korelasi Spearman, dan Analisis Tabulasi Silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Preferensi Pelanggan mempunyai korelasi positif kuat terhadap Customer Relationship Management dengan koefisien korelasi sebesar 0,815. Pelanggan Comvee juga mengungkapkan bahwa mereka mempunyai preferensi dalam komunikasi promosi yang efektif, kejelasan nilai dan keunggulan produk, produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kesesuaian harga produk dengan toleransi harga mereka. Terdapat pula rekomendasi mengenai pengembangan Customer Relationship Management Comvee, yaitu optimalisasi media sosial sesuai target audiens, mengoptimalkan upaya menarik perhatian pasar kelompok usia 25 – 34 tahun, memperkuat kehadiran offline dan membangun komunitas, serta selalu berusaha untuk menekankan fungsionalitas, manfaat, dan nilai produk, sekaligus membuat promosinya semenarik mungkin.