2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Abstract
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - List of Contents
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Chapter 1
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Chapter 2
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Chapter 3
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Chapter 4
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Chapter 5
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - References
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa 2024 SK PP Ailsa Cahyarani [19021161] - Full Text
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
UMKM di Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian negara, namun 82,5% di antaranya masih beroperasi secara offline dan menghadapi tantangan pemasaran produk yang besar. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana persepsi kegunaan dan kemudahan penggunaan mesin pencari mempengaruhi perilaku pencari informasi mesin pencari terhadap UMKM. Memahami perilaku ini sangat penting untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan mendukung inisiatif pemerintah untuk melakukan digitalisasi kepada 30 juta UMKM dan mendirikan 500 koperasi berbasis digital pada tahun 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 251 responden valid dengan sampling non-probabilitas dan PLS-SEM untuk menginterpretasikan data statistik. Temuan menunjukkan bahwa persepsi kegunaan secara signifikan mempengaruhi perilaku pencarian informasi mesin pencari. Sebaliknya, persepsi kemudahan penggunaan tidak menunjukkan dampak signifikan, yang menunjukkan bahwa faktor lain seperti kesesuaian tugas-teknologi dan karakteristik pengguna dapat memediasi hubungan ini. Rekomendasi mencakup peningkatan kegunaan, memanfaatkan SEO, menerapkan konteks budaya, dan memprioritaskan relevansi serta kualitas konten daripada kemudahan akses. Studi ini mengatasi kesenjangan teoretis dengan mengeksplorasi PU, PEOU, dan SEISB secara khusus dalam konteks UMKM Indonesia, memberikan kontribusi pada wawasan pemasaran dan mengusulkan penelitian di masa depan untuk mengeksplorasi faktor lain, menerapkan representasi demografis yang lebih baik, serta melakukan studi komparatif dan longitudinal untuk memperdalam pemahaman dan penerapan perilaku pencarian informasi untuk UMKM atau bahkan bidang lainnya.