Teori permainan merupakan cabang keilmuan matematika yang mempelajari model
interaksi strategis antara agen rasional, memainkan peran penting dalam berbagai
bidang ilmu. Dynamic pricing adalah strategi penetapan harga yang fleksibel dan
menyesuaikan dengan perubahan permintaan pasar secara real-time untuk memaksimalkan
pendapatan. Dynamic pricing yang terjadi pada e-commerce merupakan
suatu proses dengan dasar pilihan yang diambil penjual berdasarkan berbagai faktor
yang ada. Oleh karena itu, hal tersebut dapat dipandang sebagai interaksi antar
agen rasional untuk pengambilan keputusan, dimana agen rasional tersebut berupa
penjual barang. Interaksi antara penjual yang menetapkan harga, menurunkan
harga, atau menaikkan harga dan pembeli yang memutuskan untuk membeli
sekarang, menunggu, atau beralih ke pesaing, mencerminkan dinamika permainan
strategi yang terus berubah. Algoritma dynamic pricing menganalisis permintaan
pasar, stok produk di pasar, dan harga kompetitor untuk menentukan harga optimal.
Pada penelitian ini, akan dicari cara untuk mendefinisikan dynamic pricing yang
terjadi di e-commerce menggunakan konsep-konsep yang bisa ditemukan pada teori
permainan dari sisi penetapan harga oleh penjual. Selain itu, akan dideskripsikan
juga konsep teori permainan yang dapat menggambarkan interaksi antara penjual
dan pembeli pada e-commerce.