digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

FELICIA CATALINA EDISON ABSTRAK
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Teori permainan merupakan cabang keilmuan matematika yang mempelajari model interaksi strategis antara agen rasional, memainkan peran penting dalam berbagai bidang ilmu. Dynamic pricing adalah strategi penetapan harga yang fleksibel dan menyesuaikan dengan perubahan permintaan pasar secara real-time untuk memaksimalkan pendapatan. Dynamic pricing yang terjadi pada e-commerce merupakan suatu proses dengan dasar pilihan yang diambil penjual berdasarkan berbagai faktor yang ada. Oleh karena itu, hal tersebut dapat dipandang sebagai interaksi antar agen rasional untuk pengambilan keputusan, dimana agen rasional tersebut berupa penjual barang. Interaksi antara penjual yang menetapkan harga, menurunkan harga, atau menaikkan harga dan pembeli yang memutuskan untuk membeli sekarang, menunggu, atau beralih ke pesaing, mencerminkan dinamika permainan strategi yang terus berubah. Algoritma dynamic pricing menganalisis permintaan pasar, stok produk di pasar, dan harga kompetitor untuk menentukan harga optimal. Pada penelitian ini, akan dicari cara untuk mendefinisikan dynamic pricing yang terjadi di e-commerce menggunakan konsep-konsep yang bisa ditemukan pada teori permainan dari sisi penetapan harga oleh penjual. Selain itu, akan dideskripsikan juga konsep teori permainan yang dapat menggambarkan interaksi antara penjual dan pembeli pada e-commerce.