digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam pelayanan publik seperti di bandar udara, panjangnya antrian dipakai sebagai acuan kinerja pelayanan karena menyangkut kepuasan pelanggan. Namun pemantauan antrian seringkali masih dilakukan secara manual sehingga hanya sesekali dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pemantauan antrian secara otomatis yang dapat melakukan analisis sepanjang waktu. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah membuat purwarupa sistem analisis antrian menggunakan visi komputer. Teknologi yang digunakan adalah YOLO (You Only Look Once) untuk mendeteksi obyek dan program Python untuk menghitung parameter kunci seperti service time, service rate, interarrival time, arrival rate, dan utilisation factor. Hasil purwarupa menunjukan bahwa perhitungan secara otomatis dibandingkan dengan perhitungan manual secara rata-rata memiliki persentase galat service time sebesar 20,41%, dan rata-rata galat untuk arrival rate di angka 41,72%. Hal ini dikarenakan sistem masih menggunakan YOLOv4 apa adanya tanpa pelatihan ulang. Walaupun galat masih besar, sistem secara umum menunjukkan karakteristik yang benar dalam menggambarkan kondisi antrian dan dapat disempurnakan dengan pelatihan weights YOLO yang dikhususkan terhadap deteksi manusia.. Hasil studi ini meletakkan dasar untuk pengembangan sistem analisis antrian secara otomatis yang bermanfaat untuk menjaga tingkat pelayanan publik di bandar udara.