Suatu perkerasan yang baik harus mampu memberikan kenyamanan dan
keselamatan bagi penggunanya. Saat ini kecelakaan lalu lintas masih menjadi
tantangan besar bagi pengguna jalan. kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat slip
dapat diminimalisir dengan meningkatkan kinerja skid resistance permukaan jalan.
skid resistance dibutuhukan untuk memberikan gesekan yang cukup bagi ban
kendaraaan dan permukaan jalan terutama pada kondisi hujan. Pemanfaatan Steel
Slag Aggregate (SSA) sebagai pengganti agregat kasar diharapkan dapat
mengurangi penggunaan agregat alam sekaligus dapat meningkatkan nilai initial
skid resistance pada campuran Stone Mastic Asphalt (SMA) karena memiliki
permukaan yang lebih kasar dan bentuk yang lebih kubikal dibandingkan agregat
konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan SSA terhadap
kinerja skid resistance. Pengujian akan dilakukan pada kadar penggunaan SSA
sebanyak 0%, 30%, 50%, 75% dan 100%. Pengujian dilakukan pada Kadar Aspal
Optimum (KAO) masing – masing kadar penggunaan SSA. Indikator skid
resistance yang akan dianalisis adalah PSV pada agregat kasar, British Pendulum
Tester (BPT) untuk melihat kinerja mikrotekstur perkerasan dan Sand Patch untuk
melihat kinerja makrotekstur perkerasan.
Dari hasil pengujian volumetrik dan stabilitas marshall didapat KAO untuk variasi
SSA 0%, 30%, 50%, 75% dan 100% adalah sebesar 7.06%, 6.94%, 6.9%, 6.64%
dan 5.96%. Penggunaan SSA sebagai pengganti agregat kasar konvensional dapat
meningkatkan nilai stabilitas marshall campuran SMA. Pada kadar SSA 75% dan
100% campuran yang dihasilkan tidak memenuhi persyaratan dari parameter VMA,
sehingga penggunaan 75% dan 100% tidak direkomendasikan digunakan pada
campuran SMA.
Dari pengujian PSV menunjukkan jika penggunaan SSA dapat meningkatkan nilai
PSV agregat kasar. Hasil pengujian BPT menunjukkan jika penggunaan SSA dapat
meningkatkan nilai initial skid resistance pada campuran SMA. Hasil pengujian
sand patch menunjukkan penggunaan SSA sebanyak 50% akan memberikan nilai
kedalaman tekstur yang paling besar. Penggunaan SSA sebagai pengganti agregat kasar konvensional dalam campuran
SMA dapat memberikan solusi terhadap penggunaan agregat konvensional
sekaligus meningkatkan kinerja skid resistance pada campuran SMA.