digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Aldo Nuari Imanuel
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Perusahaan AX adalah pemimpin global dalam bidang konsultasi, teknologi, dan layanan profesional. Perusahaan yang dinamis ini terus berupaya meningkatkan kelompok talenta teknologi (tech talent) dalam pasar Indonesia yang sangat kompetitif. Namun, Perusahaan AX menghadapi tantangan signifikan dalam menarik dan merekrut bakat teknologi yang tepat untuk mendukung bisnis dan pertumbuhannya. Lanskap rekrutmen di Indonesia sangat kompetitif, dengan banyak perusahaan domestik dan internasional bersaing untuk mendapatkan talenta dengan latar belakang teknologi. Penelitian ini berfokus pada cara mengatasi tantangan dalam proses rekrutmen talenta teknologi untuk Perusahaan AX dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital. Pemasaran digital menawarkan cara yang menjanjikan untuk berinteraksi dengan calon kandidat potensial, menciptakan kesadaran merek, dan membangun saluran rekrutmen yang efektif. Dengan pertumbuhan pesat lanskap digital, di mana kandidat semakin mengandalkan sumber daya online untuk mengeksplorasi peluang karier, menjadi sangat penting bagi Perusahaan AX untuk membangun kehadiran online yang kuat dan narasi yang memikat untuk menarik perhatian talenta teknologi terbaik. Untuk menganalisis dan memahami kompleksitas masalah rekrutmen Perusahaan AX, diadopsi kerangka kerja komprehensif, yaitu VRIO, PESTLE, Porter's Five Forces, dan STP. Analisis mendalam ini memungkinkan identifikasi hambatan dan peluang kunci yang membentuk pengembangan strategi yang efektif. Rencana kerja pada penelitian ini didasarkan oleh kerangka kerja RACE. RACE digunakan karena terbukti efektif dalam merancang inisiatif pemasaran digital. Kerangka kerja ini memberikan pendekatan terstruktur bagi Perusahaan AX untuk dengan lancar mencapai talenta teknologi potensial, berinteraksi dengan mereka melalui konten yang menarik, dan pada akhirnya memandu mereka melalui perjalanan yang mengubah minat mereka menjadi pegawai. Penelitian ini mengadopsi kerangka kerja RACE sebagai metodologi yang kokoh untuk membangun strategi pemasaran digital yang komprehensif yang sejalan dengan tujuan rekrutmen talent teknologi bagi Perusahaan AX. Temuan dan strategi yang dikembangkan melalui proyek ini bertujuan untuk menjadi panduan bagi Perusahaan AX dan organisasi lain yang menghadapi tantangan rekrutmen serupa di Indonesia dan di luar negeri.