






Perusahaan AX adalah pemimpin global dalam bidang konsultasi, teknologi, dan layanan
profesional. Perusahaan yang dinamis ini terus berupaya meningkatkan kelompok talenta
teknologi (tech talent) dalam pasar Indonesia yang sangat kompetitif. Namun, Perusahaan AX
menghadapi tantangan signifikan dalam menarik dan merekrut bakat teknologi yang tepat untuk
mendukung bisnis dan pertumbuhannya. Lanskap rekrutmen di Indonesia sangat kompetitif,
dengan banyak perusahaan domestik dan internasional bersaing untuk mendapatkan talenta
dengan latar belakang teknologi.
Penelitian ini berfokus pada cara mengatasi tantangan dalam proses rekrutmen talenta teknologi
untuk Perusahaan AX dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital. Pemasaran digital
menawarkan cara yang menjanjikan untuk berinteraksi dengan calon kandidat potensial,
menciptakan kesadaran merek, dan membangun saluran rekrutmen yang efektif. Dengan
pertumbuhan pesat lanskap digital, di mana kandidat semakin mengandalkan sumber daya online
untuk mengeksplorasi peluang karier, menjadi sangat penting bagi Perusahaan AX untuk
membangun kehadiran online yang kuat dan narasi yang memikat untuk menarik perhatian
talenta teknologi terbaik.
Untuk menganalisis dan memahami kompleksitas masalah rekrutmen Perusahaan AX, diadopsi
kerangka kerja komprehensif, yaitu VRIO, PESTLE, Porter's Five Forces, dan STP. Analisis
mendalam ini memungkinkan identifikasi hambatan dan peluang kunci yang membentuk
pengembangan strategi yang efektif.
Rencana kerja pada penelitian ini didasarkan oleh kerangka kerja RACE. RACE digunakan
karena terbukti efektif dalam merancang inisiatif pemasaran digital. Kerangka kerja ini
memberikan pendekatan terstruktur bagi Perusahaan AX untuk dengan lancar mencapai talenta
teknologi potensial, berinteraksi dengan mereka melalui konten yang menarik, dan pada akhirnya
memandu mereka melalui perjalanan yang mengubah minat mereka menjadi pegawai. Penelitian
ini mengadopsi kerangka kerja RACE sebagai metodologi yang kokoh untuk membangun
strategi pemasaran digital yang komprehensif yang sejalan dengan tujuan rekrutmen talent
teknologi bagi Perusahaan AX. Temuan dan strategi yang dikembangkan melalui proyek ini
bertujuan untuk menjadi panduan bagi Perusahaan AX dan organisasi lain yang menghadapi
tantangan rekrutmen serupa di Indonesia dan di luar negeri.