digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peningkatan jumlah penduduk di berbagai wilayah yang semakin pesat secara langsung menyebabkan peningkatan permintaan produk pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam rangka memenuhi permintaan tersebut, pada saat ini petani pada berbagai sektor mulai menerapkan teknologi pertanian modern untuk mengakomodasi kebutuhan produk pertanian seperti aplikasi pupuk sintetis dan pestisida kimia untuk menstimulasi perkembangan tanaman. Namun, penerapan teknologi pertanian modern selain dapat memberikan banyak keunggulan, tentu dapat menimbulkan banyak kerugian jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang seperti akibat kerusakan lingkungan yang tercemar dan penurunan kondisi kesehatan manusia. Pertanian organik modern didefinisikan sebagai sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis yang pengelolaannya didasarkan pada prinsip-prinsip yang harus dipenuhi yaitu kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. CSA Seni Tani merupakan bisnis berbasis masyarakat yang mengusung konsep urban farming secara organik dan ramah lingkungan yang mengusung misi lingkungan, ekonomi, dan sosial. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi konsumen produk sayur organik CSA Seni Tani di Kota Bandung, dan (2) merumuskan prioritas strategi yang relevan sesuai dengan kompleksitas permasalahan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan September hingga November 2023 dengan menggunakan teknik purposive sampling dari pengumpulan data pada instrument kuisioner yang melibatkan sebanyak 34 orang responden sebagai representasi konsumen atau pelanggan CSA Seni Tani. Data penelitian dianalisis melalui Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh setiap variabel baik pada variabel eksogen, variabel endogen, atau variabel mediasi. Di sisi lain data penelitian dikalkulasikan dengan menggunakan IFE, EFE, SWOT, dan QSPM untuk merumuskan prioritas alternatif strategi untuk mengatasi kompleksitas permasalahan. Diketahui pengaruh Green Marketing pada Purchase Intention melalui Brand Image bersifat positif namun tidak signifikan yang berarti Brand Image tidak efektif menjadi variabel mediasi. Prioritas strategi yang digunakan strategi 4 menjalin kerjasama dengan mitra produsen organik, strategi 3 melakukan Riset dan Pengembangan Olahan Kuliner, strategi 1 membuka peluang kemitraan dengan usaha kuliner, dan strategi 2 membangun kanal video pertanian dan kuliner.