digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sektor jasa di kota Bandung merupakan salah satu sektor yang prospektif dan menarik bagi para investor. Salah satu bisnis jasa yang tumbuh di sekeliling kota adalah layanan binatu. Pengembangan hunian vertikan secara besar-besaran di Bandung merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perusahaan jasa binatu bermunculan. Labucato Smart Laundry yang merupakan perusahaan strat up yang masih dalam pertumbuhan awal bsinisnya. Dalam rangka memperkuat posisi bersaingnya di industri jasa binatu, La Bucato Smart Laundry mengembangkan konsep produk baru dengan pengembangan teknologi sebagai inovasi utama produk baru tersebut. Konsep tersebut masih memerlukan penyempurnaan dalam aspek teknis dan aspek pasar. Penelitian ini secara khusus mengkaji persepsi pelanggan terhadap konsep produk baru yang sedang dikembangkan oleh La Bucato Smart Laundry, yang selanjutnya dapat menjadi bahan informasi tentang cocok dan tidaknya persepsi pelanggan tersebut dengan nilai dari produknya. Rencana l Bucato untuk merilis produk baru di masa datang memerlukan informasi tentang kesediaan pelanggan untuk mengadopsi produk baru tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif. Pengumpulan data dengan cara angket yang disebarkan kepada pelanggan La Bucato, yaitu mereka yang menggunakan jasa La Bucato setidaknya dua kali dalam sebulan selama bulan September, Oktober, dan November 2017. Kuisioner berisi tentang beberapa pertanyaan tentang status demografis dari respondent dan persepsi mereka terhadap konsep produk baru yang sedang dikembangkan oeh La Bucato. Indikator dari atribut produk baru itu melingkupi fitur, fungsi, dan manfaat dari product baru. Penelitian ini hanya membahas bisnis jasa Laundry Smart La Bucato di apartemen Jarrdin yang terletak di jalan Cihampelas di kota Bandung. Fokus pembahasannya adalah pada konsep produk baru yang akan dikembangkan oleh La Bucato Smart Laundry dalam waktu dekat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pelanggan memiliki persepsi positif terhadap konsep produk baru La Bucato Smart Laundry. Juga menunjukkan bahwa mayoritas responden menginginkan peluncuran produk baru dalam 1-3 bulan kedepan. Berdasarkan temuan tersebut, maka La Bucato Smart Laundry dapat menentukan desain bisnis yang tepat untuk diimplementasikan dari beberapa alternatif desain bisnis. Berdasarkan disain yang telah dipilih, selanjutnya La Bucato Smart Laundry dapat membuat rencana implementasi disainnya, baik rencana implementasi jangka pendek maupun jangka panjang beserta kebutuhan sumber daya yang harus ddisiapkan oleh perusahaan.