ABSTRAK Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Kafi Permana
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan
Pertumbuhan penduduk menjadi salah satu penyebab peningkatan konsumsi energi
listrik. Teknologi yang dapat menjadi salah satu jawaban untuk memenuhi hal
tersebut adalah reaktor nuklir. Untuk mendapatkan reaktor nuklir yang memenuhi
standar desain reaktor penghasil daya, salah satu analisis yang dapat dilakukan
adalah analisis termal-hidrolik. Pada termal-hidrolik, kecepatan aliran fluida
merupakan salah satu parameter penting. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan
distribusi temperatur arah aksial pada pendingin disekitar batang bahan bakar High
Temperature Gas Reactor (HTGR), menentukan distribusi temperatur arah aksial
pada pendingin yang melalui lubang pada batang bahan bakar HTGR, menentukan
pengaruh variasi kecepatan aliran pendingin pada satu batang bahan bakar HTGR,
dan menentukan temperatur keluaran aliran pendingin pada satu batang bahan bakar
HTGR. Penelitian ini dilakukan dengan metode computational fluid dynamics
menggunakan Simflow 4.0. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu simulasi
aliran fluida di tengah batang bahan bakar HTGR dan simulasi aliran fluida
disekitar batang bahan bakar HTGR bagian luar dengan variasi kecepatan 2 m/s, 4
m/s, 6 m/s, dan 8 m/s. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, nilai distribusi
temperatur pada arah aksial juga bervariasi berkisar antara 668K hingga 1158K
bergantung pada letak aliran dan kecepatan aliran yang divariasikan. Nilai distribusi
temperatur keluaran terbesar terdapat pada variasi kecepatan 2 m/s pada aliran yang
melalui lubang batang bahan bakar dengan temperatur keluaran sebesar 1158 K.
Sedangkan distribusi temperatur terkecil terdapat pada variasi kecepatan 8 m/s pada
aliran disekitar batang bahan bakar dengan temperatur keluaran sebesar 1028 K.