
ABSTRAK Jonathan Parningotan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Tabrakan antara kapal dengan platform merupakan hal yang dihindari oleh semua
pihak, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadinya hal ini. Analisis tabrakan kapal
dan platform dilakukan untuk mengetahui respon struktur dan kapal serta gaya dan
energi yang terjadi pada keduanya akibat terjadinya tabrakan. Analisis tabrakan
dilakukan dengan metode elemen hingga menggunakan aplikasi Abaqus. Untuk
dapat melakukan analisis tabrakan kapal dengan platform, terlebih dahulu dibuat
model platform dan kapal yang akan ditabrakkan. Kedua model tersebut kemudian
akan digabungkan pada aplikasi Abaqus, dengan masing-masing model
menggunakan tipe shell pada bagian yang difokuskan untuk dianalisis. Material
yang digunakan oleh kapal dan juga platform pada aplikasi Abaqus didefinisikan
sebagai material elastis dan plastis, yang berarti baik kapal maupun platform dapat
terdeformasi baik secara elastis maupun plastis tergantung besaran gaya yang
diterima. Kecepatan kapal yang digunakan dalam analisis tabrakan kapal dengan
platform ini adalah 12 knots atau 6173.33 mm/s. Kecepatan ini dipilih berdasarkan
dari nilai kecepatan kapal yang umum digunakan untuk risk assesment.
Pendekatan yang realistis pada permodelan yang dibuat menjadikan simulasi
analisis tabrakan kapal dengan platform harus dilakukan menggunakan metode
elemen hingga non-linier karena kompleksitas masalah yang rumit. Penyelesaian
masalah tabrakan kapal dengan platform dilakukan menggunakan explicit solver
pada aplikasi Abaqus. Analisis simulasi tabrakan kapal platform dilakukan untuk
dua macam kasus, yaitu tabrakan dengan kapal 7500 ton dan tabrakan dengan kapal
68000 ton. Didapatkan hasil dari analisis simulasi tabrakan yang dilakukan bahwa
pada tabrakan platform dengan kapal 7500 ton terjadi pergeseran sejauh 6.08 m
pada bagian yang tergeser paling jauh, sedangkan pada tabrakan platform dengan
kapal 68000 ton terjadi pergeseran sejauh 7.28 m pada bagian yang tergeser paling
jauh. Kemudian platform juga menyerap energi akibat tabrakan dengan kapal,
adapun gaya yang diserap oleh platform akibat tabrakan dengan kapal 7500 ton
sebesar 5.63714 E+10 mJ dan akibat tabrakan dengan kapal 68000 ton sebesar
7.18736 E+10 mJ.