ABSTRAK Ahmad Rafi Fajarsyah Nurhani
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Salah satu faktor keselamatan yang harus diperhatikan pada kendaraan listrik adalah komponen baterai. Baterai kendaraan listrik merupakan baterai 21700 yang diletakkan pada panel bawah yang rentan terhadap impak dari tanah. Penelitian ini menggunakan panel sandwich dengan inti meta struktur yang dikenal memiliki specific energy absorption (SEA) tinggi.
Pada studi ini optimasi meta struktur dicapai dengan melakukan variasi geometri, material, tinggi, lebar, ketebalan, dan tumpukan dengan pembebanan quasi-static. Pada studi ini dikaji tiga jenis meta struktur yaitu twisted octet lattice, double arrowhead, dan multi stable beam. Berdasarkan literatur ketiga geometri tersebut memberikan potensi untuk memiliki nilai specific energy absorption (SEA) tinggi. Metode elemen hingga non-linear digunakan untuk menyimulasikan ground impact dan variasi desain dioptimalkan berdasarkan design for six sigma (DFSS) dengan menggunakan metode taguchi dengan konfigurasi L18 orthogonal array dan parameter yang paling berpengaruh dikaji menggunakan analysis of variance.
Hasil konfigurasi optimum meta struktur adalah double arrow auxetic, material AlSi-12, tinggi dan lebar sel 10 mm, ketebalan 1,2 mm, dan jumlah stack 3. Hasil optimum tersebut memberikan gain sebesar 9,9 dB dengan ketebalan dan lebar yang memberikan faktor terbesar untuk menghasilkan nilai SEA maksimum. Konfigurasi optimum tersebut menjadi inti panel sandwich dan dapat menjaga baterai 21700 sehingga memberikan deformasi maksimal 1,7 mm yang di bawah batas kegagalan baterai silinder.