Marketplace adalah sebuah platform dengan peran sebagai pihak ketiga, disebut juga sebagai perantara penjual dan pembeli dalam melakukan proses jual-beli. Komponen utama dari marketplace di antaranya adalah penjual, pembeli, produk, dan pelayanan. Semakin banyak penjual yang bergabung di marketplace, maka semakin banyak variasi dari barang yang diperdagangkan sehingga peluang jual-beli lebih besar untuk terjadi. Supaya dapat meningkatkan jumlah penjual tersebut, perlu adanya bantuan dari salesman dan kelompok Aktif untuk mempengaruhi penjual yang berpotensi untuk bergabung. Setelah bergabung dengan marketplace usaha dari penjual tersebut bisa saja berkembang ataupun mengalami kegagalan. Interaksi bisnis di marketplace inilah yang akan dimodelkan menggunakan model yang serupa dengan model SIR. Pemodelan ini bertujuan untuk mengetahui model matematika dari interaksi bisnis di marketplace, penyebaran minat bisnis di marketplace, dan pengaruh parameter interaksi bisnis terhadap setiap kompartemen model. Pemodelan ini dilakukan karena marketplace merupakan platfrom yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk mempermudah proses jual beli sehingga keberlangsungannya akan sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Oleh karena itu, interaksi bisnis di dalamnya perlu dimodelkan untuk melihat bagaimana cara mengembangkan marketplace tersebut melalui perekrutan penjual. Model yang dikonstruksi terdiri atas kompartemen ????, ????, dan ???? yangmasing-masing menunjukkan populasi Potensial, Aktif, dan Drop Out. Pada pemodelan ini metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Analisis yang dilakukan pada pemodelan ini di antaranya adalah analisis kestabilan pada titik kesetimbangan dan analisis sensitivitas parameter melalui simulasi numerik. Melalui pemodelan ini akan diperoleh model matematika dari interaksi bisnis di marketplace. Selain itu, akan diperoleh pula hasil analisis penyebaran minat bisnis di marketplace dan pengaruh parameter model terhadap setiap kompartemen model.