digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Faiz Aulia Rahman
Terbatas  Yati Rochayati
» Gedung UPT Perpustakaan

Perilaku berkawanan dari hewan merupakan suatu fenomena unik yang dapat ditemukan di alam bebas. Akan tetapi, fenomena ini cukup sulit diamati terlebih disimulasi dan divisualisasikan. Pada tahun 1987, Craig Reynolds menciptakan sebuah algoritma baru yaitu boid yang berarti objek seperti burung. Algoritma ini terdiri dari aturan yang akan menunjukkan perilaku tertentu, mewakili gerak individu dalam kawanan yang kemudian dideskripsikan kembali oleh penciptanya pada 1999 ke dalam tiga perilaku dasar: cohesion, alignment, dan separation. Aturan ini mendorong setiap agen dalam simulasi untuk bergerak dan berinteraksi satu sama lain selama berkawanan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam segala hal seputar boid. Agar dapat mengubah gaya-gaya yang berlaku pada boid diberikan suatu nilai bobot untuk setiap aturan. Nilai bobot aturan-aturan ini lah yang divariasi untuk memperoleh data. Selain itu digunakan beberapa aturan tambahan seperti bound, containment, dan wander. Simulasi ini dilakukan dengan engine berbasis C# yaitu Unity versi 2020.3.3f1 LTS. Analisis dilakukan menggunakan alignment clustering index atau ACI sebab kawanannya bergerak secara periodik di area yang sama. Didapatkan bahwa aturan yang paling berpengaruh pada perilaku berkawanan adalah alignment yang terlihat pada nilai rata-rata ACI yang naik seiring bertambahnya bobot alignment.