digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini fokus pada perbandingan proses pengembangan produk dalam industri merchandise UMKM di Kota Bandung, terutama di sektor apparel, yang menunjukkan potensi inovasi besar. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan antara pendekatan berorientasi desain dan produksi dalam pengembangan produk merchandise, dengan tujuan meningkatkan efisiensi, nilai tambah, dan daya saing UMKM di pasar melalui penerapan model proses Double Diamond. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam, penelitian ini memilih McBlush Gift dan Sugar Souvenir sebagai objek kajian untuk membandingkan implementasi model Double Diamond dalam pengembangan produk merchandise. Temuan penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam tujuan, pemangku kepentingan utama, dan aktivitas kunci pada setiap tahap dari model Double Diamond antara McB lush Gift yang fokus pada inovasi produk baru, dan Sugar Souvenir yang lebih cenderung menggunakan pendekatan iteratif untuk meningkatkan produk yang sudah ada. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang peran desainer dan integrasi model Double Diamond dalam meningkatkan efektivitas pengembangan produk UMKM merchandise di pasar yang kompetitif.