ABSTRAK Aris Akbar Prabowo
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Aluminium merupakan salah satu logam yang banyak digunakan karena sifatnya yang
ringan dan memiliki potensial penguatan yang tinggi. Oleh karena itu, aluminium banyak
digunakan dalam industri yang memerlukan nilai specific strength yang tinggi salah satunya
adalah industri pesawat terbang. Untuk memperoleh nilai kekuatan yang tinggi, paduan
aluminium harus ditingkatkan kekuatannya. Peningkatan kekuatan aluminium dengan
memadukan elemen-elemen lainnya dirasa belum cukup optimal, sehingga diperlukan
perlakuan khusus untuk meningkatkan kekuatan dari paduan aluminium. Salah satu perlakuan
khusus tersebut adalah precipitation hardening.
Penelitian ini dirancang untuk mengetahui efek parameter aging berupa temperatur dan
waktu aging terhadap kekerasan dan struktur mikro paduan aluminium. Penelitian diawali
dengan melakukan karakterisasi awal dengan metode OES. Metalografi dilakukan untuk
melihat struktur mikro. Pengujian mekanik berupa uji keras dilakukan untuk mengetahui sifat
mekanik paduan berupa kekerasan.
Aging pada temperatur 120oC membuat paduan memiliki kekerasan tertinggi sebesar 85
HRB, sedangkan aging pada temperatur 180oC dan 240oC menghasilkan kekerasan tertinggi
sebesar 77 HRB dan 51 HRB. Temperatur aging memiliki pengaruh terhadap kekerasan.
Semakin tinggi temperatur aging, maka kekerasan paduan akan semakin kecil. Lamanya
waktu aging memiliki pengaruh terhadap kekerasan yang berbeda-beda bergantung pada
temperatur aging yang dialami oleh paduan. Struktur mikro yang terlihat adalah partikel besar
berupa inklusi dan partikel kecil yang diduga fasa ???????? ? ????????????????2???????????????????????????????? yang muncul pada matriks
dan batas butir.