
ABSTRAK M. Rayhan Fuadi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Aplikasi POST adalah sebuah aplikasi kasir dan pengelolaan sistem informasi
point-of-sales dan pembuatan laporan untuk berbagai jenis usaha. Saat ini, Aplikasi
POST jika dibandingkan dengan kompetitor aplikasi kasir sejenis, memiliki nilai
rating dan jumlah unduh yang rendah di Google Play Store. Untuk itu, pengembang
aplikasi POST memerlukan sebuah usaha untuk meningkatkan performansi aplikasi
dari ulasan pengguna dengan memanfaatkan ulasan pengguna untuk mengetahui
mengapa aplikasi POST disukai atau tidak disukai pengguna. Pengetahuan tersebut
menjadi masukan bagi perusahaan untuk pendukung keputusan operasional ataupun
manajerial serta merencanakan langkah-langkah strategis bisnis sehingga
meningkatkan daya saing aplikasi.
Pada penelitian ini, digunakan metodologi CRISP-DM dengan pendekatan text
mining dan natural language processing (NLP) untuk melakukan analisis sentimen
dan pemodelan topik ulasan pengguna aplikasi POST dari Google Play Store.
Model analisis sentimen tidak dibangun sendiri melainkan menggunakan pre-
trained model IndoBERT-Classification dengan akurasi 95% pada data pengujian.
Adapun untuk model topik, digunakan model Latent Dirichlet Allocation. Hasil dari
pemodelan tersebut kemudian dibuatkan prototipe aplikasi web dengan framework
Streamlit dan dijadikan basis pengetahuan bagi model Generative Pretrained from
Transformers (GPT) dari OpenAI sebagai alat bantu ekstraksi analisis sentimen
untuk manajemen produk, analisis data, dan customer service aplikasi POST. Hasil
validasi sistem menunjukkan bahwa sistem prototipe memiliki fungsionalitas yang
baik dan dapat diterapkan di perusahaan serta memiliki potensi untuk
dikembangkan lebih lanjut.