Motif gambar fauna memiliki nilai estetik yang dapat mencirikan suatu karakter
visual suatu brand atau produk pakai contohnya produk fashion tekstil.
Pengaplikasian gambar fauna produk fashion memiliki tujuan dan kesan agar
menjadi daya tarik yang disesuaikan dengan pengguna. Brand Alzena Kids Moslem
merupakan produsen fashion muslim yang menjual produk hijab modis untuk anak.
Karakter visual yang menjadi daya tariknya dengan menggunakan adaptasi visual
dari gambar kartun unicorn yang merupakan hewan imajinasi. Batik Rifa’iyah
memiliki kesamaan dalam pengaplikasian motif gambar fauna pada baju muslim
dengan bentuk abstrak. Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah analisis
desain dengan kajian unsur estetika motif gambar unicorn. Selain itu, belum ada
topik penelitian yang secara khusus menganalisis penggunaan motif gambar fauna
dalam strategi pengembangan produk hijab modis melihat dari unsur estetik serta
analisis komposisi dan adaptasi visual. Metode penelitian melalui pendekatan
kualitatif deskriptif dengan mengamati fenomena dan menganalisis pendekatan
estetik yang digunakan dalam pengembangan gambar unicorn pada hijab modis.
Hijab modis Alzena Kids Moslem memiliki karakteristik yang dapat dipadukan
dengan pakaian lain untuk tampil fashionable dan nyaman buat sehari-hari.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan motif gambar kartun unicorn
bersifat humor, dalam pengembangan produk hijab modis brand Alzena Kids
Moslem memberikan nilai estetik dan daya tarik yang disesuaikan pengguna produk
untuk anak perempuan. Hasil strategi pengembangan produk brand Alzena Kids
Moslem melalui adaptasi visual menghasilkan kualitas produk hijab modis, instan
dan efisien yang menjadi daya tarik penggunanya.