digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Kafi Mahardika
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Material komposit telah banyak digunakan terutama dalam industri transportasi karena sifatnya yang ringan sehingga lebih hemat biaya. Penggunaan komposit untuk eksternal memiliki risiko karena dapat terkena beban impak berkecepatan rendah seperti percikan batu selama penggunaan dan jatuhnya alat dan puing-puing selama pemeliharaan yang akan mempengaruhi performa komposit. Oleh karena itu, penting untuk memahami efek dari dampak ini pada komposit. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan metode numerik dan oleh karena itu model komposit harus dikembangkan. Strategi pemodelan yang diterapkan dalam penelitian ini untuk mengembangkan model numerik skala meso dari komposit termoplastik adalah dengan memodelkan setiap lapisan menjadi dua wilayah, yaitu wilayah kaya resin dan wilayah kaya serat. Untuk memprediksi fenomena delaminasi yang mungkin terjadi pada komposit dalam kasus impak kecepatan rendah, elemen kohesif disisipkan di antara ply yang memilki orientasi yang berbeda. Model elemen hingga yang diusulkan tidak berkorelasi dengan kuat dengan hasil eksperimen baik dari grafik gaya-perpindahan maupun area delaminasi. Selain itu, studi parameter dilakukan untuk menyelidiki pengaruh berbagai parameter pada respons global dari hasil pemodelan. Model elemen hingga diharapkan dapat berfungsi sebagai referensi awal untuk penelitian masa depan.