digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Alisiya Yasmin
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Pengembangan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil pada kendaraan mulai dilakukan, salah satunya adalah etanol. Etanol merupakan energi terbarukan berbahan dasar tumbuhan yang memiliki karakteristik serupa dengan gasolin. Tim Rakata ITB merupakan salah satu yang mengembangkan kendaraan berbahan bakar etanol. Motor bakar yang digunakan merupakan motor bakar spark ignition empat langkah berkapasitas 100 cm3. Dengan karakteristik yang dimiliki serta modifikasi desain motor bakar yang telah dilakukan sebelumnya, diperlukan penyesuaian parameter lain untuk mencapai efisiensi maksimum. Parameter yang dapat disesuaikan adalah profil bukaan katup isap dan waktu pengapian. Sebelum melakukan modifikasi, perlu dilakukan simulasi untuk mengetahui dampak secara keseluruhan pada motor bakar. Dalam penelitian ini, dilakukan simulasi nol dimensi terhadap kedua parameter tersebut pada setiap kecepatan putar. Hasil yang didapatkan untuk profil katup isap optimum pada kecepatan putar 2800-7000 RPM dilakukan durasi bukaan selama 60 0CA sedangkan pada 7000-10000 RPM berdurasi 70 0CA. Sementara, secara keseluruhan waktu buka dan tutup katup isap dilakukan lebih awal 20 0CA. Selain itu, didapatkan waktu pengapian optimum pada beberapa variasi rasio kompresi di tiap kecepatan putar.