Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan corporate entrepreneurship dalam organisasi perusahaan pertambangan dan perminyakan di Indonesia. Corporate entrepreneurship, atau Intrapreneurship merupakan kegiatan entrepreneurial di dalam organisasi perusahaan. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini berhubungan dengan sifat penelitian yang exploratif dan sesuai dengan research question dan research objective penelitian. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam kepada 20 respondent yaitu para intrapreneur dari perusahaan pertambangan dan perminyakan di Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dimensi dari corporate entrepreneurship dalam perusahaan pertambangan dan perminyakan sebagai new business, new ventures, product development, process development, risk taking/dealing and make decisin, negotiation and approachment, well planning, technology innovation. Hasil lain dari penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi penerapan corporate entrepreneurship. Faktor internal tersebut adalah kepemilikan perusahaan, visi dan misi perusahaan, kultur perusahaan, management support, reward system, ukuran dan keuntungan perusahaan, kualitas sumber daya manusia dan akses informasi dalam perusahaan. Faktor eksternal adalah permintaan pasar, regulasi pemerintah, dukungan lingkungan masyarakat, networking, dan dukungan keluarga karyawan.
Penelitian ini juga menjawab research question mengenai proses penerapan corporate entrepreneurship dalam perusahaan pertambangan dan perminyakan di Indonesia. Penelitian menemukan 3 (tiga) faktor yang sangat penting dalam penerapan corporate entrepreneurship yaitu: permintaan pasar dunia, karakter industri pertambangan dan kepemilikan perusahaan.