digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dalam beberapa tahun terakhir, pemanfaatan iklan media sosial oleh berbagai perusahaan tengah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, membuka peluang untuk melakukan pemasaran yang efektif dan tepat sasaran. Codykit adalah bisnis yang memproduksi media pembelajaran pemrograman yang salah satu produknya adalah Codyplay, buku aktivitas berbasis pemrograman. Kendati pesatnya utilisasi pemasaran iklan di mediasosial, strategi periklanan media sosial Codykit untuk produk mereka, Codyplay, yang tergolong di di dalam industri buku anak Indonesia belum mencapai tingkat konversi penjualan yang diharapkan, sehingga menyebabkan tingginya biaya akuisisi pelanggan (CAC). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis elemen-elemen iklan media sosial yang memiliki potensi untuk mendorong niat pembelian pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan konversi penjualan online Codyplay dan meningkatkan efektivitas keseluruhan upaya periklanan media sosial untuk Codykit. Penelitian ini melibatkan penggunaan survei kepada 205 responden dan metode analisis faktor eksploratori untuk mengurangi jumlah variabel serta mengelompokkannya menjadi kelompok variabel baru yang terdiri dari karakteristik spesifik yang signifikan dalam mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap iklan media sosial. Dalam penelitian ini, digunakan regresi linear berganda untuk menyelidiki efek dari semua elemen terhadap niat pembelian. Responden survei adalah target pasar Codykit, yakni para ibu dengan anak berusia 4-7 tahun yang tinggal di kawasanJabodetabek, Bandung, dan Jawa Timur (Surabaya dan Malang), dan sebelumnya telah melakukan pembelian produk anak secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor- faktor seperti stimulus interaksi, pengaruh selebriti, dorongan emosional, dan persuasi inovatif memiliki dampak signifikan terhadap evaluasi iklan media sosial. Temuan ini menyimpulkan bahwa unsur-unsur seperti stimulus interaksi, pengaruh selebriti, dan persuasi inovatif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian pelanggan. Dengan memberikan penekanan yang memadai pada karakteristik-karakteristik spesifik ini, akan memungkinkan pengembangan strategi pemasaran media sosial yang efektif dan peningkatan niat pembelian konsumen.