digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis hiburan akhir-akhir ini telah mengalami transformasi karena perluasan platform digital dan meningkatnya popularitas hiburan online. Era digital telah benar-benar mengubah industri hiburan. Bisnis harus beradaptasi dan merangkul perubahan ini jika ingin berkembang. Bisnis dapat menggunakan strategi trial untuk menarik pelanggan baru meskipun ada persaingan yang ketat. Pengguna awalnya berasumsi bahwa mereka tidak membutuhkannya dan siap membayar layanan tambahan untuk hal-hal yang biasanya mereka gunakan secara gratis. Pengguna menjadi tidak nyaman ketika mereka berhenti menerima manfaatnya dan menyadari bahwa mereka membutuhkan layanan tambahan ini. Hal ini memotivasi orang untuk membeli layanan lebih lanjut secara sukarela. Pelaksanaan strategi trial dan persepsi kualitas, harga, kepuasan, dan nilai dibahas sehubungan dengan bagaimana hal tersebut mempengaruhi niat beli pelanggan. Strategi trial dan harga yang dirasakan adalah variabel independen. Nilai yang dirasakan, kepuasan, dan kualitas kemudian berfungsi sebagai variabel mediasi. Selain itu, niat beli adalah variabel dependen. Sebuah survei online dengan 336 peserta dilakukan. Temuan dari metodologi kuantitatif menunjukkan bahwa strategi trial, nilai yang dirasakan, dan kepuasan memiliki dampak langsung, positif, dan signifikan terhadap niat beli. Sementara itu, niat beli secara tidak langsung dipengaruhi oleh persepsi kualitas dan harga.