digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219035 Muhammad Raflie Dwi Putra.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Aktivitas perkuliahan kembali meningkat setelah berakhirnya masa pandemi COVID-19 yang menyebabkan mahasiswa semakin banyak mobilitas pada akses keluar dan masuk kampus. Semakin banyaknya mobilitas ini beriringan dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang dipakai oleh civitas akademik kampus. Tingginya jumlah kendaraan ini tidak sebanding dengan area dan kawasan parkir yang disediakan oleh kampus sehingga menyebabkan banyak dari civitas akademik kampus termasuk mahasiswa sebagai pengguna parkir yang merasakan dampak negatif dari masalah ini. Permasalahan yang dirasakan pengguna parkir ini seperti, kurangnya informasi mengenai kuota parkir yang tersedia pada setiap area parkir, sulitnya menemukan lahan parkir yang kosong, tidak teraturnya posisi kendaraan pada lokasi parkir, serta kurang efektifnya cara pembayaran parkir. Solusi yang diajukan dari permasalahan-permasalahan tersebut berupa aplikasi mobile untuk meningkatkan efisiensi parkir di area kampus yang akan terhubung ke cloud server. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem parkir cerdas ini adalah rekayasa sistem atau system engineering, dengan tahapan-tahapan seperti concept development, engineering development, dan post-development. Pengerjaan tugas akhir ini dilakukan hingga tahapan engineering development. Solusi dari sistem ini memiliki kemampuan seperti sistem dapat memberikan informasi mengenai kuota parkir yang tersedia, sistem dapat mendeteksi identitas kendaraan yang akan parkir melalui nomor kendaraan yang dimiliki, sistem dapat memberikan rekomendasi dan petunjuk jalan terdekat menuju lokasi parkir yang tersedia, serta sistem dapat melakukan pemrosesan pembayaran parkir secara otomatis. Hasil pengujian aplikasi mobile dengan pengukuran Usability Testing Single Easy Question (SEQ) untuk semua task mendapatkan skor lebih dari sama dengan 6 (skala 1 sampai 7) sehingga dinilai aplikasi cukup mudah digunakan oleh pengguna, sedangkan hasil pengujian System Usability Scale (SUS) diperoleh penilaian kategori Good dengan skor 82.5.