Perkembangan bisnis e-commerce mempengaruhi besarnya permintaan dan volume
produk yang didistribusikan oleh sistem pergudangan dan menyebabkan tumpukan
antrean tugas. Kehadiran sistem multi forklift otonom diharapkan dapat menjadi
solusi. Namun, sistem multi forklift otonom sendiri memiliki permasalahan
navigasi yang mengharuskan untuk mengirimkan produk tanpa ada konflik antar
forklift otonom. Selain itu, harus dapat memenuhi fungsi kinerja seperti makespan
yang merupakan jumlah maksimal langkah yang harus ditempuh dan total biaya
jalur yang minimal. Penelitian ini mengusulkan metode pencarian jalur algoritma
A-star yang dimodifikasi (Improved A-star) dengan penambahan variabel sudut
heading pada fungsi heuristis untuk mengurangi jumlah titik belok pada proses
analisa jalur. Proses alokasi tugas dengan algoritma Hungarian yang telah
dimodifikasi pada proses data preprocessing untuk penugasan dan solusi dari
variasi jumlah tugas dan jumlah forklift yang tersedia. Algoritma Conflict Priority-
based Search (CPBS) yang merupakan modifikasi dari algoritma Conflict-based
Search (CBS) dengan penambahan aturan prioritas untuk melakukan penyelesaian
konflik serta solusi berhenti untuk forklift dengan prioritas rendah. Berdasarkan
hasil simulasi yang telah dilakukan, rata-rata perbedaan titik belok yang dihasilkan
algoritma Improved A-star 41,2% lebih baik daripada algoritma orisinal A-star.
Kemudian penggunaan algoritma Hungarian yang telah dimodifikasi dapat
mengalokasi tugas pada variasi jumlah dengan baik. Jika dibandingkan dengan
Market-based Auction. Hasilnya pada jumlah tugas dan jumlah forklift yang sama
lebih baik dengan rata-rata 3,7 % dalam total biaya jalur dan 7,26% dalam
makespan. Pada kondisi jumlah forklift lebih banyak rata - rata lebih baik 6,1%
dalam total biaya jalur dan 3,95% dalam makespan. Pada kondisi jumlah tugas lebih
banyak rata-rata lebih baik 4,87% dalam biaya jalur dan 6,8% dalam makespan.
Kemudian pada pencarian dan penyelesaian konflik dengan algoritma CPBS
memiliki tingkat keberhasilan penyelesaian lebih baik pada jumlah forklift lebih
dari 6 forklift dengan total biaya jalur yang dihasilkan 60,41% lebih pendek
walaupun memiliki 64,83% lebih besar pada makespan yang dihasilkan.