digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Ghina Edfalsya
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan

Pendidikan dapat memberikan dampak yang besar bagi manusia karena pendidikan merupakan peluang bagi manusia untuk mengembangkan kualitas hidupnya. Berdasarkan data Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 ditemukan bahwa siswa di Indonesia mendapat nilai yang lebih rendah daripada nilai rata-rata negara Organization of Economic Co-operation and Development (OECD) dalam membaca, matematika, dan sains. Peluang hidup seseorang sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya. Pendidikan adalah suatu proses yang dimulai sejak lahir dan berlanjut sampai akhir hayat seorang manusia. Tahun-tahun awal, dalam hal ini usia 0 – 6 tahun, adalah periode kritis untuk pengembangan keterampilan diri. Oleh karena itu, program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting untuk mendukung pembelajaran anak-anak selama periode ini. Namun, kondisi Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di sekitar kita masih kurang memadai. Sedangkan Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini yang memiliki sarana dan prasarana yang baik biasanya cenderung mahal dan tentunya tidak dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, padahal harusnya pendidikan dapat diakses oleh semua orang. Maka dari itu proyek ini dilakukan sebagai pengembangan dari Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di masyarakat. Bangunan dirancang sesuai dengan kebutuhan anak-anak, di mana sejak lahir, anak-anak menyerap semua rangsangan dari lingkungannya. Seorang anak yang tumbuh di lingkungan yang baik sejak lahir, akan menghasilkan respons otak yang lebih positif. Proyek dirancang dengan konsep “Arsitektur sebagai Pedagogi” di mana bangunan sekolah akan berperan sebagai sarana pembelajaran secara tidak langsung. Anak-anak akan mengembangkan dirinya secara alami melalui aktivitas yang terbentuk dari elemen-elemen bangunan sekolah yang bersifat pedagogik. Bangunan diwujudkan dengan 3 persoalan perancangan yaitu, menciptakan lingkungan pembelajaran yang edukatif mewadahi kebutuhan pendidikan dan pengasuhan anak usia dini, menghadirkan elemen yang akan memantik kreativitas dari anak-anak, dan mengembangkan sikap, watak, perilaku, minat, emosi, dan nilai yang ada di dalam diri anak melalui lingkungan sekolah.