digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Permintaan fashion Muslim di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun 2010 sampai tahun 2015. Sebagai salah satu brand Muslim Zein Product fokus untuk memenuhi permintaan Muslim pria. Banyaknya kompetitor dari brand Muslim lain membuat Zein memiliki penjualan yang masih rendah. Untuk itu Zein perlu membuat stategy baru untuk dapat meningkatkan sales perusahaannya. Di satu sisi, Zein memiliki pemintaan untuk pembuatan seragam Muslim dari kantor dan juga sekolah. Pembuatan seragam Muslim menjadi salah satu peluang Zein untuk dapat meningkatkan sales penjualan perusahaan. Penelitian ini betujuan untuk mencari tahu karakteristik dan membuat rekomendasi strategi marketing yang fokus untuk mendapatkan pasar business to business pembuatan seragam Muslim di kantor dan sekolah. Dengan mengetahui karakter dan kebutuhan dari target market akan di dapatkan stategi yang tepat untuk dapat masuk ke pasar business to business. Metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi dan kebutuhan market adalah dengan melakukan interview kepada 10 sample perusahaan dan sekolah di Jakarta dan Bandung. Analisis yang dihasilkan menyimpulkan bahwa karakteistik dari B2B muslim- style uniform market adalah setiap tahun perusahaan dan sekolah membutuhkan seragam Muslim. Pembuatan seragam di lakukan pada awal tahun untuk perusahaan dan pertengahan tahun untuk sekolah, orang yang membuat keputusan pembuatan seragam adalah kepala perusahaan atau manager perusahaan. MOU dan feedback sangat penting untuk melakukan kerja sama produksi. Rekomendasi strategi marketing yang harus dilakukan untuk mendapatkan B2B seragam muslim adalah servise, qualitas produk, dan harga jual. Untuk servise dimuali dari penawaran proposal, komunikasi yang baik pada saat proses produksi, dan after servise. Untuk quality produk, vendor harus memiliki divisi quality kontrol produk untuk mengecek pembuatan seragam sesuai pesanan. untuk harga harus dibuat serendah mungkin karena untuk sekolah seragam akan dijual kembali kepada siswa. dan mereka akan membandingkan dengan vendor lain. dan untuk perusahaan harga produksi tidak masalah yang penting qualitas barang dan servise.