digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Eksperimen ini dilakukan untuk menguji pengaruh efek nostalgia marketing terhadap keterkaitkan pelanngan dengan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan berkontribusi dalam penelitian tentang pengaruh nostalgia marketing terhadap keterkaitan pelanggan dengan iklan. Uji hipotesis dilakukan dengan data yang diperoleh dari hasil dua eksperimen yang terdiri dari dua grup yaitu grup nostalgia dan grup non-nostalgia. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang memiliki nostalgia akan lebih terikat dengan iklan yang mengandung unsur nostalgia yang dimiliki mereka dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki nostalgia yang sama. Hasil tersebut diukur dengan kemampuan mereka mengerti maksud dari iklan tersebut dan kemampuan dalam mengingat citra merek dari perusahaan. Skripsi ini dilengkapi dengan implikasi manajerial seperti pentingnya bagi perusahaan untuk memilih nostalgia yang tepat untuk ditampilkan dalam iklan, keterbatasan dalam pelaksanaan penelitian, dan petunjuk untuk penelitian lanjutan dalam kasus ini menggunakan sampel yang berbeda.