digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era pemerintahan yang terbuka, pemerintah Indonesia dengan inisiatif Open Government nya yang berfokus upaya pada pembangunan demokrasi yang lebih partisipatif untuk pengambilan keputusan pemerintah dengan kualitas yang lebih baik. LAPOR! adalah layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat yang dibentuk untuk menerjemahkan tujuan open government ke dalam tataran praktis. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian analisis data laporan/kasus yang dikumpulkan dari LAPOR!, informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dapat dihasilkan. Melalui penggunaan Analisis Jaringan Semantik (Semantic Network Analysis) penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kasus yang dikumpulkan dari keluhan dan aspirasi LAPOR! dapat digunakan (1) untuk membantu mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi, (2) memahami hubungan antara masalah yang dilaporkan dan (3) untuk menentukan sentralitas masalah dalam jaringan kasus yang diukur. Data dari domain Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang digunakan untuk analisis mengungkapkan bahwa kasus yang dilaporkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia utamanya terdistribusikan dalam ranah Departemen Imigrasi dan tren isu yang diamati meliputi Pembayaran Bank BNI, Paspor Online, Tanggal Visitasi, dan Permohonan Konfirmasi , dan Imigrasi Kantor Pelayanan. Di antara isu-isu tersebut, Pembayaran Bank BNI dan Paspor nline ditemukan menjadi isu yang paling sentral. Secara umum, penelitian yang dilakukan diajukan untuk mempertimbangkan Analisis Jaringan Semantik sebagai salah satu metode yang dapat digunakan untuk pengolahan data 'konsultasi' dari LAPOR! menjadi informasi bermakna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.