digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Transportasi online adalah salah satu dari berbagai sektor bisnis jasa yang memanfaatkan sistem informasi berbasis internet untuk melakukan operasi setiap hari. Aplikasi mobile memberikan pengalaman kepada pengguna yang dianggap sebagai faktor penting dalam pengembangan aplikasi mobile. Hal ini dijadikan acuan bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi mobile sebagai platform untuk menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan (UX) menggunakan pengembangan pendekatan yang berpusat pada pengguna melalui interface pengguna (UI). Penelitian sebelumnya telah memeriksa faktor penentu keberhasilan yang mempengaruhi kualitas dan efektivitas merancang interface pengguna aplikasi mobile dan menemukan bahwa usability adalah faktor utama yang harus diuji, namun, tidak diharapkan bahwa usability saja sudah cukup untuk benar menjelaskan preferensi pengguna. Banyak penelitian cenderung sangat fokus pada aspek usability sehingga mengabaikan penelitian lebih lanjut pada desain yang juga sering diuji dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, penelitian ini akan meneliti keduanya, baik usability dan juga desain yang akan dijabarkan ke dalam kriteria berdasarkan studi yang ada. Kriteria usability yang diteliti meliputi Navigasi, Learnability, dan Konten. Sedangkan untuk Desain, kriteria yang diteliti meliputi Warna, Tipografi, Grafik, dan Tata Letak Untuk menguji kegunaan dan desain, penelitian ini akan mengidentifikasi pendapat pengguna di antara dua aplikasi layanan transportasi online yang paling banyak digunakan di Indonesia, Go-Jek dan Grab menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah in-depth interview melalui wawancara semi structural. Hasil coding menunjukkan adanya kriteria uji tambahan pada usability yang meliputi Kinerja, Personalisasi, Privasi dan Keamanan, dan Memorability. Namun, dapat disimpulkan bahwa 'Navigasi' dan 'Konten' sebagai kriteria kegunaan dan 'Layout' dan 'Warna' sebagai kriteria desain memiliki pengaruh paling signifikan terhadap preferensi konsumen. Navigasi menganjurkan proses pemesanan yang struktural dengan navigasi yang tepat. Konten menjelaskan pentingnya sebuah aplikasi untuk menyediakan pengguna dengan informasi terkini dan tepat waktu melalui model sistem pemberitahuan yang tepat Tata letak menyarankan aplikasi untuk mengatur kontennya secara rapi untuk menyediakan pengguna dengan informasi yang dibutuhkan secara efektif. Sementara Warna diharapkan dapat menarik perhatian pengguna melalui pemilihan warna yang atraktif. Hasil juga menunjukkan kecenderungan pengguna lebih memilih aplikasi Go-Jek dibanding aplikasi Grab berbasis pada keunggulan mereka di kedua faktor, Usability dan Desain.