ABSTRAK Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Ilham Aris Hartadi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Salah satu upaya untuk menjaga kualitas layanan jasa bandar udara adalah
dengan menjaga kenyamanan penumpang dan pengunjung bandar udara.
Kenyamanan penumpang dapat berupa tingkat kepadatan penumpang di
terminal bandar udara terutama pada waktu sibuk. Kamera pengawas area
terminal dapat dimanfaatkan untuk memantau tingkat kepadatan
penumpang dengan bantuan kecerdasan visual buatan. Tugas sarjana ini
membahas pengembangan alat atau dasbor untuk memantau tingkat
kepadatan penumpang di terminal bandar udara menggunakan data video
atau gambar yang ditangkap oleh kamera pengawas. Data video atau gambar
ini kemudian dianalisis menggunakan model dan algoritma pendeteksi objek.
Dasbor dengan algoritma pendeteksi YOLOv5 dan model YOLOv5m-crowdhuman
berhasil mendeteksi jumlah dan tingkat kepadatan penumpang serta
menampilkan hasilnya di dalam dasbor berupa indikator warna tingkat
kepadatan penumpang, jumlah penumpang, perubahan jumlah penumpang
terhadap titik data sebelumnya, dan grafik historis jumlah penumpang di
terminal. Alat atau dasbor yang dikembangkan dapat digunakan oleh
penyedia layanan jasa bandar udara untuk meningkatkan kualitas pelayanan
maupun oleh pengguna jasa untuk mendapatkan layanan terbaik dari bandar
udara.