ABSTRAK Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB6 Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Nur Muhammad Yusuf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT. Segar Mitra Nusantara (Semitra) adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi, distribusi, dan pemasaran air minum dalam kemasan. PT Semitra memiliki pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah sehingga pemenuhan permintaan pelanggan melalui proses distribusi harus diperhatikan. Masalah tersebut berkaitan erat dengan masalah vehicle routing problem. Berdasarkan data pengiriman Maret 2022, terdapat 12 kali pengiriman yang melebihi kapasitas. Metode Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan salah satu metode yang digunakan dalam penyelesaian VRP yang membatasi pemilihan rute dengan kendala kapasitas.
Penelitian ini menggunakan algoritma Clarke and Wright Savings sebagai algoritma acuan. Adanya tipe kendaraan berbeda, jumlah pelanggan yang banyak, dan permintaan pelanggan yang beragam menjadikan permasalahan menjadi kompleks dan penyelesaian menggunakan metode heuristik lebih praktis. Algoritma acuan ini perlu dimodifikasi dengan menambahkan kendala waktu dan mengubah proses penggabungan titik ke dalam rute. Proses penggabungan rute diubah dengan mempertimbangkan saving value dengan titik-titik yang ditetapkan sebagai head dan tail. Algoritma modifikasi dimodelkan dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman Phyton menggunakan Google Colab.
Hasil penelitian menunjukkan rute yang ditentukan menggunakan algoritma modifikasi dapat menghasilkan penghematan biaya distribusi sebesar 27,56% dibandingkan dengan kondisi eksisting perusahaan dan menghasilkan penghematan biaya distribusi sebesar 3,46% dibandingkan dengan algoritma acuan menggunakan dataset benchmark. PT Semitra direkomendasikan untuk menerapkan algoritma modifikasi yang telah dikembangkan agar efisiensi biaya distribusi tercapai dan keuntungan perusahaan dapat meningkat.