
COVER Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
BAB 1 Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
BAB 2 Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
BAB 3 Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
BAB 4 Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
BAB 5 Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik 
PUSTAKA Nasy`an Taufiq Al Ghifari
PUBLIC rikrik
Pada penelitian sebelumnya telah dikumpulkan data geolokasi melalui dua sumber,
yaitu aplikasi Android angkot dan Modul WiFi ESP8266 sebagai GPS tracker. Data
yang terkumpul disimpan dalam database yang diimplementasikan menggunakan
Mongo DB. Data yang tersimpan kemudian diamati dan ditemukanlah 15 jenis
‘data kotor’ berdasarkan taksonomi data kotor Lin Li. Dengan ditemukannya 15
jenis ‘data kotor’ pada data angkot maka tindakan pembersihan perlu dilakukan
agar memperoleh hasil analisis yang akurat. Sebelum melakukan pembersihan data
dilakukan pengukuran kualitas data terlebih dahulu menggunakan teori Redman.
Setelah mengukur kualitas data angkot, maka proses peningkatan kualitas data
dapat dilakukan dengan cara data cleaning. Proses pembersihan data disesuaikan
dengan tujuan dari pengolahan data yaitu menganalisis aktivitas angkot
berdasarkan data yang dimiliki dan disesuaikan juga dengan kondisi data yang ada.
Metode data cleaning yang diterapkan pada data angkot berhasil membersihkan
86,6% jenis ‘data kotor’ yang ada sebelumnya.
Setelah data angkot melalui proses data cleaning, hasil akhir data angkot dari proses
data cleaning akan langsung mengikuti tahapan data pre-processing, luaran dari
proses ini adalah data angkot yang siap guna untuk ditampilkan pada aplikasi web
sebagai hasil akhir dari proses data visualization. Pada aplikasi web, aktivitas
angkot pada data akan terlihat, juga pola perjalanan angkot dapat diamati. Dari sini
maka perilaku angkot yang normal dan abnormal dapat didefinisikan untuk
membantu pembuatan algoritma pendeteksi perilaku angkot. Setelah algoritma
pendeteksi perilaku angkot selesai dikembangkan, eksperimen dilakukan dengan
membandingkan waktu abnormal yang sama antara hasil algoritma pendeteksi
perilaku angkot dengan hasil eksplorasi pada aplikasi web. Akurasi dari algoritma
pendeteksi perilaku angkot sebesar 63%.