digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Faktor kenyamanan dan keamanan merupakan sasaran utama dalam perancangan kendaraan rel. Kenyamanan ditentukan oleh kemampuan suspensi kendaraan untuk menghasilkan kondisi nyaman bagi penumpang tanpa menimbulkan kerusakan pada kendaraan rel. Kenyamanan berarti kendaraan rel dapat beroperasi pada kecepatan tertentu dan kondisi jalan tertentu tanpa menimbulkan terlalu banyak getaran yang dapat menimbulkan rasa sakit atau kelelahan. Faktor kenyamanan ini dipengaruhi oleh sistem suspensi, mornen inersia dan massa kendaraan rel tersebut.Kereta penumpang kelas Argo menggunakan bogi NT-60 dan CL-243. Bogi CL-243 merupakan bogi tanpa batang ayun dan menggunakan pegas karat untuk suspensi primer dan pegas udara untuk suspensi sekundernya. Dibanding dengan bogi yang telah dimiliki oleh PT Kereta Api, bogi ini memiliki kelebihan peredam terhadap rotasi sumbu vertikal.Perhitungan ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja bogi CL-243 dengan pemodelan dan analisa dinamik ditinjau dari getaran yang diterima oleh penumpang menurut standar ISO. Perhitungan ini menggunakan perangkat lunak MSC/Nastran dan beberapa perangkat lunak lain seperti Matlab untuk transformasi Fourier.Hasil perhitungan menunjukkan makin besar kekakuan jalan rel makin kecil frekwensi yang menimbulkan ketidaknyamanan untuk muncul. Dari basil eksitasi masih ada getaran yang rnelampaui batas kelelahan menurut ISO.