2023 TS PP Tiara Ramadhani [29021008] - Abstract 1.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Abdul Aziz Ariarasa
Penelitian berikut bertujuan untuk mengidentifikasi analisis perilaku keputusan pembelian konsumen dalam menggunakan platform Online Food Delivery. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang muncul dari tingginya persaingan Di Era pandemi Covid-19 khususnya bagi merchant di bidang kuliner membuat UKM diharapkan mampu beradaptasi dengan melakukan transformasi bisnis yang menjadikan platform yang digunakan konsumen dalam melakukan pemesanan secara online. platform pengiriman makanan semakin populer di masyarakat. Untuk menjaga kestabilan tersebut, informasi tentang analisis perilaku dapat membantu mengidentifikasi segmentasi konsumen yang menggunakan layanan Pesan Antar Makanan Online. Pengukuran diidentifikasi dari 450 konsumen OFD di Jakarta dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan pohon keputusan. Hasil penelitian mengungkapkan terdapat 10 variabel prediktor dari 15 variabel prediktor yang termasuk dalam model pohon klasifikasi optimal, yaitu tingkat pendidikan, tempat tinggal, komposisi rumah tangga, frekuensi pembelian, pengeluaran pembelian, kesediaan membayar, jenis pedagang, jenis pesanan, pilihan peringkat, dan pilihan pedagang. Klasifikasi pohon keputusan dalam penelitian ini menunjukkan perbedaan karakteristik konsumen dalam menggunakan layanan OFD. Karakteristik pengguna OFD berdasarkan platform yang digunakan menunjukkan bahwa Gofood dapat dibagi menjadi tujuh kategori, Grabfood dibagi menjadi lima kategori, dan Shopeefood memiliki empat kategori. Masing-masing karakteristik tersebut telah mewakili segmentasi pengguna platform OFD di Jakarta berdasarkan keputusan yang mereka ambil. Hasil ini juga mengungkapkan secara spesifik karakteristik khalayak sasaran dan klasifikasi segmentasi perilaku konsumen dalam menggunakan layanan OFD sehingga restoran dapat mempertahankan bisnisnya dengan melakukan inovasi yang berkelanjutan dan memanfaatkan informasi segmentasi untuk mengetahui kebutuhan konsumen sebagai dasar pertimbangan keputusan. untuk perbaikan yang lebih baik..