Kegiatan pembelajaran Matematika di kelas seringkali hanya berfokus pada menghafal fakta dan rumus, hitung menghitung, dan penyelesaian soal rutin tanpa pemahaman. Akibatnya matematika menjadi mata pelajaran yang terkesan sulit, abstrak, dan membosankan. Representasi visual dan keterlibatan siswa dalam aktivitas yang menggunakan representasi visual terbukti dapat membuat konsep yang abstrak menjadi mudah dipelajari. Penelitian juga menunjukkan bahwa matematika visual dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa. Trigonometri adalah salah satu materi yang penting namun juga materi yang cukup sulit dipelajari dikarenakan konsepnya yang abstrak, terlalu banyak rumus, dan seringkali diberikan tanpa makna. Penelitian ini akan menunjukkan pengaruh matematika visual dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi nilai sinus dan cosinus. Rancangan pembelajaran disajikan dalam bentuk aktifitas yang menggunakan representasi visual yang dinamis menggunakan sofware GeoGebra. Penelitian bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap tujuh orang siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang digunakan meningkatkan pemahaman siswa.