digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Analisis RAMS pada sistem perkeretaapian perlu dilakukan berdasarkan SNI IEC 62278:2002 Aplikasi Perkeretaapian-Spesifikasi dan Demonstrasi RAMS (Reliability, Availability, Maintainability and Safety) sesuai dengan keputusan Kepala BSN, Nomor: 532/KEP/BSN/12/2018 dan SNI 8633:2018. Analisis yang paling umum dilakukan adalah dengan metode FMECA untuk engineering design pada preliminary design. Tujuan dari laporan ini adalah untuk memperlihatkan hasil analisis keandalan dari subsistem roller rig mechanism pada roller rig dengan menggunakan metode FMECA. Kemudian menentukan tingkat kekritisan dari komponen-komponen pada subsistem roller rig mechanism dan yang terakhir adalah membuat tindakan rekomendasi terhadap komponen-komponen dengan tingkat kekritisan tinggi. Metodologi yang dilakukan pada laporan ini adalah studi literatur dengan melakukan analisis FMEA terlebih dahulu baru melakukan tingkat kekritisan dari komponen-komponen yang akan dianalisis. Kemudian membuat rekomendasi perlakuan untuk mencegah terjadinya kegagalan. Pada laporan ini sudah tercantum hasil analisis dari komponen-komponen yang terdapat pada subsistem roller rig mechanism, yaitu roller, tapered roller bearing, gearbox, dan constant velocity drive shaft. Kemudian juga telah ditentukan komponen dengan tingkat kekritisan tinggi dengan hampir semua kegagalan mengalami tingkat kekritisan yang tidak sesuai standar, dan telah dibuat rekomendasi untuk komponen-komponen dengan tingkat kekritisan tinggi.