Dalam grafik komputer, Wang-Tile adalah metode yang dapat digunakan untuk
memberikan tekstur ke permukaan luas tanpa terdapat repetisi pola yang jelas.
Kompleksitas utama metode ini terdapat pada proses pembuatan sekelompok
Wang-Tile dari target tekstur yang diinginkan. Semua metode pembuatan Wang-
Tile dari sampel tekstur yang ada sekarang dibuat menggunakan pendekatan non-
parametrik, mengacak dan menyusun tekstur untuk menghasilkan sekelompok
Wang-Tile yang menyerupai tekstur masukan dan dapat digunakan untuk menutupi
permukaan seluas apa pun. Metode metode ini dapat menghasilkan tekstur dengan
kualitas yang bagus untuk berbagai jenis tekstur, namun pada umumnya kesulitan
dalam memproses tekstur terstruktur.
Penggunaan pendekatan parametrik untuk membuat Wang-Tile berpotensi untuk
mengatasi hal ini. PSGAN (Periodic-Spatial Generative Adversarial Network)
adalah model parametrik yang dilatih pada sebuah tekstur dan model akan dapat
mengeluarkan tekstur yang serupa dengan ukuran yang bebas. Model ini juga
terbukti dapat menghasilkan tekstur terstruktur seperti sarang lebah dengan cukup
baik. Dengan melakukan beberapa modifikasi pada proses pelatihan dan manipulasi
tensor data acak yang digunakan sebagai masukan Generator, model PSGAN ini
dapat digunakan untuk membuat Wang-Tile dari sampel tekstur. Metode ini dapat
menghasilkan Wang-Tile dari teskstur terstruktur dengan kualitas yang cukup baik.
Disisi lain, metode ini dapat mengalami partial Mode-Collapse yang membuat
model gagal menghasilkan Wang-Tile dan menghasilkan ubin tekstur biasa.