digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK James Christopher
PUBLIC Dewi Supryati

COVER - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VII - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA James Christopher
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Financial technology (fintech) di Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan sedang berkembang pesat. Salah satu produk fintech yang sedang dirintis adalah aplikasi Loopcash.co. Aplikasi Loopcash.co memungkinkan pengguna memesan jasa copytrading forex (didefinisikan sebagai peniruan seluruh aktivitas trading mata uang asing dari suatu akun trading ke akun trading lain yang diinginkan). Perusahaan ingin melakukan pengujian terhadap pengalaman pengguna pada aplikasi sebelum diluncurkan ke pasar. Hal ini untuk memastikan kualitas pengalaman pengguna dapat dimaksimalkan serta isu-isu produk dari sudut pandang pengguna dapat diperbaiki sebelum aplikasi dirilis secara resmi. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi usability dan kepuasan pengguna pada aplikasi Loopcash.co, serta membuat rancangan usulan perbaikan untuk produk Loopcash.co. Evaluasi dilakukan menggunakan beberapa metode. Performance measurement digunakan untuk mencari status keberhasilan dan durasi pengerjaan tugas. Retrospective Think Aloud (RTA) digunakan untuk mendapatkan komentar partisipan terkait masalah dan usulan pada aplikasi. Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS) akan digunakan untuk mencari kepuasan pengguna terhadap aplikasi secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loopcash.co memiliki efektivitas yang baik, memiliki efisiensi rata-rata sebesar 597 detik untuk kelompok partisipan “belum pernah trading, dan 465,7 detik untuk kelompok pengguna “sudah pernah trading”. Kelompok partisipan “belum pernah trading” mengatakan bahwa ada enam aspek kepuasan yang belum baik yaitu aplikasi membosankan, urutan tampilan di dalam aplikasi belum baik, pesan error kurang membantu, mengingat nama dan perintah pada aplikasi sulit, pesan bantuan pada layar kurang membantu, dan sistem belum didesain untuk segala jenis pengguna. Kelompok partisipan “sudah pernah trading” mengatakan bahwa ada empat aspek kepuasan yang belum baik yaitu aplikasi membosankan, urutan tampilan di dalam aplikasi belum baik, pesan bantuan pada layar kurang membantu, dan sistem belum didesain untuk segala jenis pengguna. Usulan perbaikan sebanyak 13 butir dirumuskan dari hasil temuan tersebut.