ABSTRAK James Christopher
PUBLIC Dewi Supryati
COVER - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VII - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - James Christopher.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA James Christopher
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Financial technology (fintech) di Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan sedang
berkembang pesat. Salah satu produk fintech yang sedang dirintis adalah aplikasi Loopcash.co.
Aplikasi Loopcash.co memungkinkan pengguna memesan jasa copytrading forex
(didefinisikan sebagai peniruan seluruh aktivitas trading mata uang asing dari suatu akun
trading ke akun trading lain yang diinginkan). Perusahaan ingin melakukan pengujian terhadap
pengalaman pengguna pada aplikasi sebelum diluncurkan ke pasar. Hal ini untuk memastikan
kualitas pengalaman pengguna dapat dimaksimalkan serta isu-isu produk dari sudut pandang
pengguna dapat diperbaiki sebelum aplikasi dirilis secara resmi. Tujuan dari penelitian ini
adalah melakukan evaluasi usability dan kepuasan pengguna pada aplikasi Loopcash.co, serta
membuat rancangan usulan perbaikan untuk produk Loopcash.co.
Evaluasi dilakukan menggunakan beberapa metode. Performance measurement digunakan
untuk mencari status keberhasilan dan durasi pengerjaan tugas. Retrospective Think Aloud
(RTA) digunakan untuk mendapatkan komentar partisipan terkait masalah dan usulan pada
aplikasi. Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS) akan digunakan untuk mencari
kepuasan pengguna terhadap aplikasi secara keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loopcash.co memiliki efektivitas yang baik, memiliki
efisiensi rata-rata sebesar 597 detik untuk kelompok partisipan “belum pernah trading, dan
465,7 detik untuk kelompok pengguna “sudah pernah trading”. Kelompok partisipan “belum
pernah trading” mengatakan bahwa ada enam aspek kepuasan yang belum baik yaitu aplikasi
membosankan, urutan tampilan di dalam aplikasi belum baik, pesan error kurang membantu,
mengingat nama dan perintah pada aplikasi sulit, pesan bantuan pada layar kurang membantu,
dan sistem belum didesain untuk segala jenis pengguna. Kelompok partisipan “sudah pernah
trading” mengatakan bahwa ada empat aspek kepuasan yang belum baik yaitu aplikasi
membosankan, urutan tampilan di dalam aplikasi belum baik, pesan bantuan pada layar kurang
membantu, dan sistem belum didesain untuk segala jenis pengguna. Usulan perbaikan
sebanyak 13 butir dirumuskan dari hasil temuan tersebut.