digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-BAB1.pdf

File tidak tersedia

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-BAB2.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-BAB3.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-BAB4.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-COVER.pdf
File tidak tersedia

2007 TS PP RANGGA BHIRAWA WICAKSANA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

ABSTRAK: Radio Oz Bandung adalah salah satu radio yang terdepan baik di kota Bandung maupun di Indonesia. Sejak 36 tahun berdirinya Radio Oz terus berkembang pada jalurnya sebagai radio panutan anak muda. Namun demikian, Radio Oz kini menghadapi tantangan yang sangat besar seiring makin ketatnya persaingan dimana banyak radio-radio baru yang bermunculan. Untuk mempertahankan eksistensinya, Radio Oz harus bergerak lebih cepat daripada kompetitor dan juga harus dapat memahami keinginan konsumennya lebih dalam. Karakter industri radio sendiri, saat ini membutuhkan inovasi-inovasi dan ide-ide kratif yang terus-menerus. Oleh karena itu dibutuhkan suatu budaya kerja yang dapat menyokong hal tersebut. Budaya kerja yang dimaksud adalah budaya kerja entrepreneurship atau corporate entrepreneurship/intrapreneurship (CE). Dengan menggunakan pendekatan ini, diharapkan Radio Oz dapat berkembang dengan flexible, innovated, and dynamic. Untuk itu dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tingkat corporate entrepreneurship di Radio Oz bandung. Penelitian tersebut menggunakan dua instrumen yang dikembangkan oleh Noel Thornberry (2006) yaitu Entreprenurial Orientation Survey (EOS) dan Entrepreneurial Leadership Question (ELQ). Data dikumpulkan dari 40 responden dengan jumlah populasi 53 orang. Dari hasil Survei EOS menunjukkan bahwa pelaksanaan CE di Radio Oz Bandung sudah cukup bagus. Namun demikian hal ini harus terus ditingkatkan terutama yang mempunyai nilai dibawah rata-rata. Dimensi CE dengan nilai terendah di Radio Oz Bandung adalah orientasi individu (nilai 3.02) dan pengambilan resiko (nilai 3.29). Dimensi ini secara umum menggambarkan sifat entrepreneur yang dimiliki setiap individu yang bekerja di Radio Oz. Sedangkan dimensi pengambilan resiko secara umum menggambarkan tingkat resiko yang berani diambil Radio Oz. Analisa terhadap hasil survei ELQ menunjukkan bahwa ada jarak antara perilaku pemimpin yang diharapkan, dengan kenyataannya. Pada pemimpin tipe general entrepreneur leader terdapat selisih 5.60 poin, integrator (selisih 6.90 poin), accelerator (selisih 7.20), dan explorer (selisih 5.65) . Sedangkan untuk pemimpin tipe miner, pemimpin di Radio Oz sudah menunjukkan perilaku yang sesuai dengan harapan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluaasi Radio Oz untuk pengembangkan semangat intrapreneurship, yang pada akhirnya akan menjadi sebuah competitive advantage Radio Oz dalam menghadapi persaingan. Untuk memulai perbaikannya, Radio oz dapat mengirimkan para manajernya ke pelatihan atau seminar kepemimpinan, dimana diharapkan para manajer tersebut dapat menularkan semangat intrapreneurship tersebut kepada karyawan lainnya.